Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Catat! Inilah Enam Tren Kesehatan Yang Dapat Merusak Gigi Anda

×

Catat! Inilah Enam Tren Kesehatan Yang Dapat Merusak Gigi Anda

Sebarkan artikel ini

MENGGOSOK gigi dengan arang, minyak zaitun yang mengembang, dan meminum cuka sari apel merupakan tindakan yang cukup aneh atas nama kecantikan.

Pendukung kesehatan berpendapat bahwa minyak memurnikan tubuh, air lemon memperkuat sistem kekebalan tubuh dan arang membuat gigi putih berkilau.

Tetapi dokter gigi memperingatkan bahwa dengan mencoba membuat senyum kita lebih putih dan lebih berkilau, kita dapat merusak gigi kita secara serius.

‘Anda tidak harus sepenuhnya meninggalkan tren kesehatan ini jika Anda merasa itu bermanfaat bagi Anda dengan cara lain,’ kata Payal Bhalla, kepala dokter gigi dan direktur klinis di Quest Dental di Ipswich, seperti dilansir dailymail.com, Jumat (3/2/2023).

‘Memastikan Anda melakukannya dengan cara yang sehat dan merawat gigi Anda adalah kuncinya.’

Cuka Sari Apel

Tembakan cuka sari apel – dibuat dengan memfermentasi gula yang secara alami ada dalam apel dan menambahkan ragi atau bakteri – disebut-sebut untuk meningkatkan pencernaan, mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

Didukung oleh selebritas dan influencer, popularitasnya meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Tapi Dr Bhalla berkata: ‘Meskipun cuka sari apel mungkin menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan Anda, itu bisa merusak gigi Anda, terutama jika Anda minum setiap hari.

Dia menambahkan: Cuka sangat asam dan dapat mengikis enamel pada gigi Anda dengan sangat cepat jika Anda minum setiap hari.

“Ini kemudian memaparkan lapisan dentin kuning di bawahnya, tidak hanya ini sangat merusak gigi Anda karena enamel kita sangat penting untuk gigi yang sehat, tetapi ini juga akan membuatnya terlihat kuning.”

Minyak

Praktik Ayurveda India kuno dengan mengoleskan minyak ke dalam mulut Anda selama 15 hingga 20 menit untuk memurnikan tubuh dan mengeluarkan racun melalui gusi dan mulut telah lama populer di komunitas kesehatan.

Minyak kelapa hangat adalah yang paling umum, tetapi minyak zaitun juga digunakan.

Ia mengklaim dapat mencegah kerusakan gigi, mengurangi bau mulut, dan memperkuat gigi dan jaringan dengung.

Namun, Dr Bhalla berkata: Tidak ada bukti yang terbukti bahwa praktik ini baik untuk gigi Anda.

“Bahkan beberapa ahli berpendapat bahwa hal itu bisa memperburuk beberapa kondisi seperti penyakit gusi atau gigi berlubang.”

Air Lemon

Air lemon telah lama dipuji karena kesehatan dan sifat detoksifikasinya, dengan penelitian menunjukkan bahwa air lemon dapat membantu pencernaan, memperbaiki penampilan kulit Anda.
Bahkan membantu tubuh Anda menyerap zat besi dengan lebih baik dari makanan yang Anda makan.

Lemon mengandung banyak vitamin C, yang juga membantu melawan infeksi.

Tetapi meminum air sitrat secara teratur dapat menyebabkan erosi enamel atau bahkan kerusakan gigi karena ‘kandungan asam yang tinggi’ pada lemon, Dr. Bhalla memperingatkan.

Tidak hanya itu, meminumnya terlalu banyak juga dapat menyebabkan mual, mulas, sakit kepala dan gejala refluks gastroesofagus lainnya.

Dia merekomendasikan menggunakan sedotan sebanyak mungkin saat minum jus, untuk ‘membiarkan  cairan melewati gigi dan mulut Anda’, mencegah kerusakan.

Dia menambahkan: Cobalah juga untuk mengatur rasio lemon dan air Anda, dan tambahkan lebih sedikit lemon ke air Anda sehingga tidak terlalu asam namun Anda masih mendapatkan manfaatnya.

Jus

Pembersihan jus telah dipuji oleh beberapa orang untuk membantu meningkatkan pencernaan. Tetapi para ahli mengklaim bahwa mereka tidak menawarkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Minum jus dalam jumlah besar dalam jangka waktu yang lama juga dapat ‘berdampak besar pada gigi Anda dan menyebabkan kerusakan jangka panjang’, Dr. Bhalla memperingatkan.

Dia menambahkan: Kandungan gula yang tinggi yang berasal dari jus ini setelah meminumnya setiap hari dapat menghilangkan enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

“Bakteri yang duduk di gigi setelah minum jus juga bisa mengiritasi gusi dan akhirnya bisa menyebabkan penyakit gusi.”

Susu non-susu 

Hampir setengah dari orang Inggris dan Amerika sekarang minum susu nabati, beralih dari sapi ke varietas seperti oat, kedelai dan almond.

Sementara mereka cenderung mengandung jauh lebih sedikit lemak jenuh daripada alternatif produk susu mereka, peralihan  dapat menyebabkan ‘kekurangan kalsium dan  nutrisi ramah mulut lainnya’, kata Dr Bhalla, yang dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.

“Tidak hanya itu, kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi dan tulang,” tambahnya.

“Susu non-susu tertentu seperti susu kedelai dapat menyebabkan bakteri mulut menghasilkan asam enam kali lebih banyak daripada susu susu, ini mengkhawatirkan karena lebih banyak asam berarti kemungkinan erosi email yang lebih besar serta lebih banyak kemungkinan mengalami pembusukan dan gigi berlubang.”

Pasta gigi arang

Beralih ke pasta arang seharusnya membuatnya putih berkilau.

Selebriti termasuk penyanyi Nicole Scherzinger bersumpah akan hal itu, dan jumlah pemoles dan pasta gigi yang dibuat dengan ‘arang aktif’ telah meningkat.

Arang secara tradisional dianggap menghilangkan racun dan mengangkat noda dengan mengikatnya ke permukaannya yang berpori.

Jadi apa masalahnya?

Dr Bhalla berkata: Diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek jangka panjang dari jenis pasta gigi ini, tetapi satu hal yang telah dicatat adalah bahwa ini adalah zat yang sangat abrasif, dan meskipun membantu menghilangkan noda di permukaan, sangat keras. mungkin juga perlahan-lahan merobek enamel pada gigi Anda.

Tetapi jika Anda masih menyukai arang, dia merekomendasikan untuk hanya menggunakannya ‘sekali atau dua kali seminggu’, bersama dengan pasta gigi berfluorida biasa.

“Dengan cara ini Anda akan tetap melihat manfaat menggunakan ini sekaligus melindungi gigi Anda dari sifat abrasifnya,” katanya.

Dr Bhalla juga menyarankan untuk selalu berbicara dengan dokter gigi Anda jika Anda mengkhawatirkan kesehatan gigi Anda sehingga Anda dapat diberi tahu tentang yang terbaik. (red)