Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Tentara Rusia Tewas Dalam Perang di Ukraina Capai 200 Ribu Jiwa

×

Tentara Rusia Tewas Dalam Perang di Ukraina Capai 200 Ribu Jiwa

Sebarkan artikel ini

PERANG antara Rusia dengan Ukraina telah berlangsung lama dan telah menimbulkan banyak korban jiwa. Baik tentara Rusia maupun masyarakat sipil.

Sementara para pejabat AS memperkirakan jumlah tentara Rusia yang tewas dan terluka di Ukraina mendekati 200.000, karena perang gaya Perang Dunia Satu terus berkecamuk di garis depan. Demikian diberitakan dailymail.com, Sabtu (4/2/2023).

Para pejabat yang berbicara kepada New York Times dengan syarat anonim, memperingatkan jumlah korban sangat sulit untuk diukur.

Tetapi mereka menambahkan bahwa perang parit yang berlanjut, pertempuran jarak dekat dan penggunaan berat artileri di dalam dan sekitar kota Bakhmut di wilayah Donetsk timur Ukraina telah secara dramatis meningkatkan jumlah korban tewas dalam beberapa pekan terakhir.

Kota ini mendapat julukan ‘penggiling daging Bakhmut’ karena peperangan yang sangat melelahkan yang terlihat di sana sejak konflik meningkat menjelang akhir tahun lalu.

Angkatan bersenjata Ukraina, yang telah menjaga Ukraina dengan Rusia sejak perang dimulai, mengklaim hampir 130.000 tentara Putin dipastikan tewas. Meskipun pejabat intelijen Barat memperingatkan jumlah korban tewas sebenarnya kemungkinan lebih rendah.

Sementara itu Moskow belum merilis jumlah korban tewas resmi sejak awal perang.

Moskow telah mencoba untuk menguasai Bakhmut di kawasan industri Donetsk selama berbulan-bulan dalam apa yang telah menjadi pertempuran invasi terpanjang dan paling berdarah.

Pasukan Putin menggempur parit-parit Ukraina di kota itu – yang pernah menjadi rumah bagi 70.000 orang tetapi sekarang hanya tinggal puing-puing – siang dan malam dengan artileri sebelum pasukan menyerang ke depan sarang senapan mesin.

Tanah tak bertuan di antara garis depan sekarang dipenuhi dengan lubang peluru, kerangka pohon yang tercabik-cabik oleh tembakan peluru, dan mayat tentara yang tewas.

“Mereka hanya daging bagi Putin,” kata seorang komandan bernama Kostantyn kepada FT saat berkunjung ke garis depan.

“Dan Bakhmut adalah penggiling daging. Untuk apa? Satu f****** meter dari tanah kami.”

Kota ini berada di pertemuan penting rute pasokan dan, setidaknya ketika pertempuran dimulai, dipandang sebagai titik persiapan penting untuk serangan lebih jauh ke Donbas – khususnya kota terdekat Slovyansk dan Kramatorsk.

Namun, sekarang pertempuran itu lebih simbolis daripada praktis. Sebagian besar analis setuju harga darah yang telah dibayar Rusia untuk mencoba mengambil Bakhmut – diperkirakan lebih dari 100 tentara per hari – tidak sebanding dengan nilai penangkapannya.

Tapi Putin berjanji kepada rakyat Rusia bahwa Donbas akan dibebaskan. Dan jalan menuju tujuan itu – betapapun fantastisnya – terletak melalui Bakhmut. Jadi acaranya harus jalan terus.

Perkiraan Barat terbaru tentang skala mengejutkan korban Rusia datang ketika Presiden Vladimir Putin memanfaatkan peringatan Perang Dunia II untuk menggalang dukungan bagi upaya pasukannya di Ukraina.

Sementara itu, Oleksiy Danilov, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, mengatakan Putin dapat merencanakan serangan serentak lainnya ke negara itu dari utara, selatan dan timur pada 24 Februari bertepatan dengan peringatan invasi.

Dia mengatakan kepada Sky News: ‘Rusia sedang mempersiapkan eskalasi maksimum. Ini mengumpulkan segala sesuatu yang mungkin, melakukan latihan dan pelatihan.’

Ukraina mengharapkan Rusia untuk melancarkan serangan besar, memerintahkan pasukan selatan dari Belarus, utara dari Krimea dan timur dari Donbas untuk mengepung dan mencekik pasukan Kyiv.

“Kami mengerti semuanya ada di atas meja,” kata Danilov.

Berbicara tentang apakah yang terburuk belum datang di medan perang, Danilov berkata: “Tentu saja, kami melewati masa sulit yang luas, tetapi saya sadar bahwa pertarungan utama belum datang dan itu akan terjadi tahun ini dalam waktu dua hingga tiga bulan.”

“Ini akan menjadi bulan-bulan yang menentukan dalam perang. Kami memiliki rencana kami sendiri dan itu jelas bagi kami. Mereka tidak tersembunyi dari mitra utama kami.” (red)