Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Cara Tidur Ini Efektif Bikin Anda Lebih Terjaga untuk Hari Esok, Maksudnya?

5
×

Cara Tidur Ini Efektif Bikin Anda Lebih Terjaga untuk Hari Esok, Maksudnya?

Sebarkan artikel ini

CARA tidur efektif akan membuat Anda bisa merasa lebih terjaga keesokan paginya? Kok bisa?

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker mata saat tidur. Demikian kata para peneliti.

Cukup menghalangi cahaya, baik dari lampu jalan, elektronik atau sinar matahari, akan membantu menghindari rasa grogi, menurut para ilmuwan yang menguji teori tersebut.

Penulis studi Viviana Greco menggambarkannya sebagai ‘solusi yang efektif dan murah’ seperti dilansir di dailymail.com, Rabu (1/3/2023).

Untuk menyelidiki apakah memakai masker mata membuat perbedaan, para ahli Universitas Cardiff melakukan dua percobaan serupa.

Yang pertama melibatkan 89 peserta berusia 18-35 tahun, yang memakai penutup mata saat tidur setiap malam selama seminggu.

Selama minggu kedua, mereka pergi tidur tanpa itu.

Relawan diminta untuk tidur di rumah mereka sendiri dan tetap pada waktu tidur mereka yang biasa, agar tidak melencengkan pelajaran.

Itu dilakukan selama musim panas karena Ms Greco dan tim ‘ diduga masker mata akan lebih membantu saat fajar terjadi lebih awal’.

Pada pagi hari keenam dan ketujuh, peserta diminta melakukan tiga tes berbeda untuk mengukur kekuatan otak mereka.

Hasil menunjukkan peserta melakukan lebih baik pada tugas asosiasi pasangan kata selama minggu masking.

Mereka juga memiliki waktu reaksi yang sedikit lebih baik, sekitar 10 milidetik.

Namun topeng tidak memiliki efek nyata pada tes ketiga, yang melibatkan mengetuk urutan dengan tangan mereka dan menekan tombol pada keyboard komputer secepat mungkin.

Eksperimen kedua melihat 35 orang berusia 18-35 memakai perangkat yang memantau tidur mereka.

Mereka juga diminta untuk meletakkan pengukur cahaya di bantal mereka, untuk memungkinkan Ms Greco dan timnya mencatat intensitas cahaya saat peserta bangun.

Peserta menghabiskan dua malam dengan mengenakan topeng, dan dua malam lainnya dengan topeng yang telah dipotong — sehingga tidak menghalangi cahaya.

Namun, buku harian tidur tidak menunjukkan perbedaan jam tidur atau kualitas penilaian diri antara memakai masker atau tidak, menurut hasil yang dipublikasikan di jurnal Sleep.

Ms Greco, seorang mahasiswa PhD, mengatakan kepada PsyPost : ‘Hasil kami berbicara tentang peningkatan waktu reaksi dan peningkatan kinerja memori.

‘Implikasi dari hasil kami signifikan pada banyak tugas siang hari seperti mengendarai mobil atau konteks pendidikan atau budaya yang memerlukan pembelajaran.’

Para peneliti mengatakan temuan mereka mungkin turun ke tingkat aktivitas gelombang lambat yang lebih tinggi di otak saat memakai masker.

Sementara tim tidak dapat merekam tidur gelombang lambat, diketahui dapat memulihkan kemampuan otak untuk menyandikan informasi.

Studi menunjukkan bahwa tahap tidur ini — yang mencakup hingga seperlima dari waktu tidur — memulihkan koneksi antara sel-sel otak yang dapat kewalahan saat terjaga.

Para ahli percaya proses ini membantu memfasilitasi pembelajaran. (red)