Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Buka Pelatihan Dasar CPNS Pemprov Sulut, Wagub Steven Kandouw: Jaga Karakter dan Etos Kerja Tinggi

×

Buka Pelatihan Dasar CPNS Pemprov Sulut, Wagub Steven Kandouw: Jaga Karakter dan Etos Kerja Tinggi

Sebarkan artikel ini

MANADO — Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan Golongan III Pemprov Sulut Tahun 2023 secara resmi dibuka
Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw pada Kamis (02/03/2023).

Menurut Wagub Steven Kandouw, CPNS baru harus tetap bersyukur karena dari ribuan orang mendaftar, tapi hanya ratusan yang diterima.

“Kemudian, kalau menjadi abdi negara harus menjaga karakter yang baik. Sebab, ribuan ASN (Aparatur Sipil Negara) dan THL (Tenaga Harian Lepas) Pemprov Sulut memiliki karakter yang berbeda-beda,” ungkapnya.

Selanjutnya, Wagub Steven Kandouw mengharapkan CPNS ini bisa memiliki etos kerja yang tinggi serta penuh rasa tanggung jawab.

“Apresiasi atas penerapan metode mutakhir dalam Latsar yang berbeda dengan tahun sebelumnya,” tuturnya.

“Metode blended learning yang diterapkan ini juga harus dibarengi dengan passion. Serta di dalamnya ada rasa memiliki, menikmati dan tanggung jawab,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Sulut, Marhaen Roy Tumiwa mengatakan Latsar ini diikuti 216 orang dan satu mengundurkan diri. Ada tiga metode pelaksanaan Latsar. Blender Learing, Distance Learning dan Clasical.

Peserta harus lulus masuk tahap Distance Learning jarak jauh, tatap muka 22 hari. Dengan persiapan rancangan habituasi dan aktualisasi.

“Ada 30 hari full di tempat kerja laporan habitualisasi dan aktualisasi, karakter bela negara sebagai ASN. Peserta akan digodok mental dan fisik. Selanjutnya, di rumah masing-masing dengan belajar mandiri oleh PIC dan LAN,” bebernya.

Diketahui, turut hadir dalam pembukaan Latsar di antaranya Inspektur Meiki Onibala dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Clay Dondokambey. (red)