Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Penggunaan Botol Plastik Bagi Ibu Hamil Berbahaya, Begini Penjelasan Para Ahli…

4
×

Penggunaan Botol Plastik Bagi Ibu Hamil Berbahaya, Begini Penjelasan Para Ahli…

Sebarkan artikel ini

 

PARA ibu hamil didesak ilmuwan untuk menghindari penggunaan botol plastik. Pasalnya, para ilmuwan menemukan dalam penelitian mikroplastik dapat masuk ke janin.

Para ahli merekomendasikan minum dari botol kaca atau logam karena meningkatnya kekhawatiran bahwa partikel plastik kecil dapat merusak kesehatan kita.

Dr Luisa Campagnolo, seorang ahli histologi dan embriologi di University of Rome Tor Vergata, memperingatkan ada banyak bukti bahwa plastik mikro dan nano berakhir di jaringan manusia.

Studi sebelumnya telah menunjukkan partikel mikroskopis – produk sampingan dari degradasi plastik – dapat berakhir di aliran darah manusia dan bahkan plasenta.

Tetapi sebuah studi baru pada tikus, yang dipresentasikan pada konferensi tahunan American Association for the Advancement of Science, menunjukkan plastik yang tertelan dapat berakhir di organ janin itu sendiri.

“Ada indikasi bahwa kemungkinan besar janin menjadi target partikel plastik, karena plasentanya,” kata Dr Campagnolo, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut seperti dilansir di dailymail.com, Sabtu (4/3/2023).

“Saya akan menghindari menjejali plasenta dengan partikel plastik, agar janin tidak terpengaruh,” lanjutnya.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan partikel plastik yang menembus jaringan manusia dapat memengaruhi produksi hormon tertentu dan karenanya dapat mengganggu proses biologis.

Dan sementara penelitian tentang efek partikel plastik pada kesehatan manusia masih dalam tahap awal, dan penting untuk tidak langsung mengambil kesimpulan tentang potensi bahayanya, ada langkah sederhana yang dapat diambil untuk melindungi kesehatan kita, kata Dr Campagnolo.

Botol plastik sekali pakai dapat mengeluarkan kotoran, terutama saat terkena sinar matahari, yang kemudian kita minum.

Dr Campagnolo mengatakan ini mungkin kurang berguna tetapi kita tidak boleh minum air kemasan dalam botol plastik.

“Kita tidak perlu panik jika duduk di kursi plastik, tapi saya pikir kita harus menghindari apa pun yang dapat dibuang, apa pun yang bersentuhan dengan makanan, seperti menggunakan wadah plastik dalam oven microwave. Kita harus kembali ke kaca,” ujarnya.

“lastik sekali pakai mungkin mengambil alih 30 hingga 40 tahun yang lalu, tetapi kami dapat memikirkan kembali pendekatan ini.”

Dr Philip Demokritou, seorang ahli nanosains dan bioteknologi lingkungan di Rutgers University di New Jersey, mengatakan temuan baru-baru ini dari studi hewan ‘sangat mengkhawatirkan’.

Studinya pada hewan pengerat, yang diterbitkan bulan lalu di jurnal Nanomaterials, dianggap menunjukkan bukti pertama bahwa plastik yang tertelan dapat diteruskan ke janin.

“Lebih penting lagi, kami menemukan mereka di setiap organ janin, yang menunjukkan potensi efek perkembangan,” ucapnya.

Dr Demokritou menyerukan lebih banyak investasi dalam penelitian untuk memahami implan partikel plastik pada kesehatan manusia, dan memperbarui upaya untuk mendaur ulang bahan atau beralih ke alternatif yang lebih mudah terurai.

“Saya tidak ingin menakut-nakuti orang tetapi ini adalah kontaminan yang muncul dan kami memiliki banyak hal yang tidak diketahui dalam hal risikonya,” jelasnya.

“Setiap orang mengkonsumsi kira-kira 5g mikro dan nano-plastik per minggu. Itu setara dengan kartu kredit masuk ke perut Anda setiap minggu.
Kita tidak bisa kembali ke Zaman Batu, tapi sebagai masyarakat kita perlu menjadi lebih pintar, menganut konsep berkelanjutan, untuk menghindari krisis seperti ini,” katanya.

“Kita semua, ilmuwan, publik, masyarakat luas, regulator, kita perlu memikirkan kembali cara kita memproduksi dan menggunakan bahan dan bahan kimia secara umum,” imbuhnya. (red)