Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Inilah Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga Menurut Ilmuwan, Apa Ya?

×

Inilah Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga Menurut Ilmuwan, Apa Ya?

Sebarkan artikel ini

BERAT badan yang tidak proporsional menjadi masalah berarti bagi wanita.

Apalagi ingin berat badan turun tapi tidak mengikuti diet dan olahraga secara maksimal. Bagaimana bisa?

Sebuah penelitian menunjukkan cara efektif yakni dengan tidur setidaknya tujuh jam setiap malam akan membantu Anda tetap pada rutinitas penurunan berat badan.

Para peneliti di University of Pittsburgh mendaftarkan 125 orang dewasa paruh baya, kebanyakan wanita, yang kelebihan berat badan atau obesitas untuk mengikuti program kebugaran selama setahun.

Peserta ditugaskan untuk mengikuti diet yang membatasi kalori dan meningkatkan olahraga harian mereka.

Meskipun kepatuhan terhadap rencana tersebut berkurang pada kedua kelompok dari waktu ke waktu, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang tidur lebih baik cenderung makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa semua orang dewasa harus tidur setidaknya tujuh jam setiap malam.

Tetapi perkiraan menunjukkan bahwa sebanyak satu dari tiga secara konsisten gagal mencapai level ini.

Tidur tiga jam semalam yang terlalu sedikit memicu penurunan kesehatan mental dan fisik, menyebabkan penurunan konsentrasi, suasana hati, dan bahkan masalah pernapasan.

Bahkan ada bukti bahwa tidak tidur tujuh jam semalam membuat seseorang lebih cenderung makan berlebihan  dan mendambakan camilan berlemak, asin, dan manis daripada makanan utuh.

Dalam studi tersebut, sembilan dari sepuluh peserta adalah perempuan dan semuanya memiliki BMI antara 27 dan 44 — menempatkan mereka dalam kategori kelebihan berat badan dan obesitas.

Semua peserta mendaftar untuk program penurunan berat badan dan memiliki data tentang tidur dan kepatuhan mereka terhadap program yang diambil di awal, pada bulan ke enam dan bulan ke 12.

Kepatuhan terhadap program penurunan berat badan diukur dengan persentase sesi intervensi kelompok yang dihadiri; persentase hari di mana setiap peserta makan antara 85-115 persen dari kalori harian yang direkomendasikan; dan perubahan durasi harian aktivitas fisik sedang atau berat.

Tidur dinilai dari nol hingga enam, dengan enam sebagai skor tertinggi, berdasarkan faktor tidur di bawah ini.

Ini adalah konsistensi, kepuasan, kewaspadaan, waktu, efisiensi (waktu di tempat tidur saat benar-benar tidur) dan durasi.

Setiap faktor diberi skor satu untuk ‘baik’ atau nol untuk ‘buruk’.

Tidur dinilai menggunakan kuesioner pasien, buku harian tidur, dan bacaan tujuh hari dari perangkat yang dikenakan di pergelangan tangan yang mencatat tidur, aktivitas bangun, dan istirahat.

Peserta melacak asupan kalori mereka dengan memasukkan konsumsi mereka ke dalam aplikasi ponsel, dan aktivitas fisik diukur menggunakan akselerometer yang dikenakan di pergelangan tangan. Pengukuran ini juga dilakukan pada awal rencana dan pada enam bulan dan 12 bulan setelah rencana.

Hasilnya kemudian dianalisis dengan membandingkan partisipan yang memiliki dan tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Selama masa studi, 79 persen peserta menghadiri sesi kelompok selama enam bulan pertama, tetapi selama periode enam bulan berikutnya turun menjadi 62 persen.

Sasaran kalori terpenuhi pada 36 persen hari dalam enam bulan pertama, tetapi kemudian 21 persen selama enam bulan berikutnya.

Dan total waktu aktivitas harian sedang hingga kuat naik 8,7 menit selama enam bulan pertama, tetapi kemudian menurun 3,7 menit selama enam bulan kedua.

Analisis menunjukkan bahwa peserta yang cukup tidur lebih cenderung mengikuti rencana tersebut.

Mereka juga lebih cenderung untuk tetap menghadiri sesi kelompok, mengikuti diet, dan mencapai tujuan aktivitas fisik mereka.

Tidak ada data tentang jumlah penurunan berat badan oleh kedua kelompok yang diberikan oleh para peneliti.

Juga tidak ada informasi yang diberikan tentang rencana kebugaran apa yang mereka ikuti.

Dr Christopher Kline, seorang ahli tidur di University of Pittsburgh, Pennsylvania, mengatakan fokus untuk mendapatkan tidur yang baik – tujuh hingga sembilan jam di malam hari dengan waktu bangun yang teratur bersama dengan bangun segar dan waspada sepanjang hari – mungkin merupakan perilaku penting yang membantu orang tetap pada tujuan aktivitas fisik dan modifikasi diet mereka.

“Sebuah studi kami sebelumnya melaporkan bahwa kesehatan tidur yang lebih baik dikaitkan dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh yang jauh lebih besar di antara peserta dalam program penurunan berat badan perilaku selama setahun,” ujarnya seperti dilansir di dailymail.com, Minggu (5/3/2023).

Dia menambahkan pihaknya telah berhipotesis bahwa tidur akan dikaitkan dengan modifikasi gaya hidup. Namun, kami tidak menyangka akan melihat hubungan antara kesehatan tidur dan ketiga ukuran modifikasi gaya hidup.

“Meskipun kami tidak mengintervensi kesehatan tidur dalam penelitian ini, hasil ini menunjukkan bahwa mengoptimalkan tidur dapat mengarah pada kepatuhan modifikasi gaya hidup yang lebih baik,” lanjutnya.

Studi ini akan dipresentasikan hari ini di Epidemiologi, Pencegahan, Gaya Hidup, dan Sesi Ilmiah Kesehatan Kardiometabolik Asosiasi Jantung Amerika 2023 yang diadakan di Boston, Massachusetts. (red)