Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

3.000 Kg Daging Babi Berhasil Dicegah Masuk ke Sulut, Jalankan Instruksi OD-SK Cegah Penyakit PMK-ASF

×

3.000 Kg Daging Babi Berhasil Dicegah Masuk ke Sulut, Jalankan Instruksi OD-SK Cegah Penyakit PMK-ASF

Sebarkan artikel ini

MANADO — Sebanyak 3.000 Kg daging babi dimuat dalam dua mobil pick-up dari luar daerah, berhasil dicegah masuk oleh Dinas Pertanian dan Perternakan (Distanak) ke wilayah Sulawesi Utara (Sulut).

Hal itu dilakukan sebagai wujud tindaklanjut atas instruksi Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) dan African Swine Fever (ASF) pada ternak.

Dari data di lapangan, dua mobil pick up itu berasal dari Provinsi Sulawesi Tengah dengan tujuan Provinsi Sulut berhasil dihentikan, di Pos Check Poin Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmut. Petugas meminta mobil tersebut putar balik serta dilarang memasuki wilayah Provinsi Sulut.

Kemudian, ini hasil koordinasi Polres Bolmut dengan Kadis Pertanian dan Peternakan, Kabid Peternakan Kabupaten Bolmut dalam mengantisipasi bila ada penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

Sebelumnya, Wagub Sulut Steven Kandouw melarang hewan ternak dari luar masuk Sulut.

“Sulut tertutup babi dari luar, termasuk babi hutan. Sulut menutup perbatasan supaya tidak masuk babi dari luar ke Sulut. Ini sudah ada instruksi dari pak gubernur,” tegas Wagub Steven Kandouw.

Wagub Steven Kandouw menegaskan instruksi tersebut untuk mengantisipasi masuknya penyakit ASF ke Sulut.

“Agar sulut sendiri aman. Kami minta mulai sekarang petugas rutin check point di Bolmong, Bolmut dan Bolsel,” katanya.

Hewan babi di Sulut, katanya, hingga saat ini masih aman. Kendati demikian antisipasi harus dilakukan sesuai dengan instruksi Gubernur Sulut.

“Ekspor babi di Sulut cukup tinggi. Jangan sampai penyakit African Swine Fever dari luar daerah masuk ke Sulut,” katanya.

Diketahui, instruksi Gubernur Sulut Olly Dondokambey ini tertuang dalam Nomor 524 3/21.5138/sekr DPPD Tentang Pencegahan Penyakit African Swine Fever (ASF) di Provinsi Sulut. (red)