Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

WhatsApp Siapkan Trik Pintar untuk Memblokir Penelepon yang Tak Dikenal

×

WhatsApp Siapkan Trik Pintar untuk Memblokir Penelepon yang Tak Dikenal

Sebarkan artikel ini

PANGGILAN yang tidak dikenal yang sering kali berujung penipuan membuat sebagian orang pengguna WhatsApp menjadi frustasi.

Ya, panggilan ini tidak lebih dari sekadar frustrasi sesekali, yang segera terlupakan. Tetapi bagi ribuan orang di seluruh dunia, penelepon yang meyakinkan ini bisa menjadi langkah pertama dalam penipuan canggih untuk memisahkan Anda dengan uang hasil jerih payah Anda.

45 juta orang dewasa yang mengejutkan menjadi target scammers selama periode tiga bulan pada Oktober 2021, ungkap Ofcom saat itu.

Penelitian pengawas juga menemukan bahwa dari delapan dari 10 orang dewasa yang menjadi sasaran musim panas lalu, kurang dari dua dari sepuluh benar-benar melaporkan mereka ke otoritas terkait.

Tapi ada sedikit cahaya di ujung terowongan. Tangkapan layar yang bocor menunjukkan bahwa WhatsApp milik Meta hampir menemukan cara untuk mencegah orang-orang ini menghubungi Anda melalui aplikasinya.

Pengguna WhatsApp selalu dapat memblokir atau melaporkan penelepon yang tidak diinginkan begitu mereka melakukan kontak dengan Anda. Namun, akan segera ada cara untuk mencegah mereka menghubungi Anda sejak awal.

Tangkapan layar menunjukkan bahwa WhatsApp sedang mencari cara untuk menambahkan alat baru untuk membungkam penelepon tak dikenal.

Sayangnya, penelepon akan tetap muncul di daftar panggilan dan notifikasi Anda, tetapi mereka tidak akan diizinkan untuk menghubungi Anda.

“Fitur ini memiliki beberapa keunggulan, seperti mengurangi interupsi dan berpotensi menghindari panggilan spam,” kata WABetaInfo – yang mengungkap tangkapan layar tersebut, seperti dilansir di dailymail.com, Senin (13/3/2023).

Namun belum jelas kapan alat baru itu akan beroperasi. WhatsApp juga telah dikaitkan dengan sejumlah penipuan melalui SMS – terutama penipuan ‘Hai Ibu’ dan ‘Hai Ayah’. Texter mencoba meyakinkan pengguna bahwa mereka adalah putra atau putri mereka sendiri, dan kemudian meminta uang.

Detektif teknologi di WABetaInfo telah menemukan beberapa alat baru yang dilihat oleh raksasa media sosial melalui WhatsApp Beta – yang memungkinkan Anda untuk mencoba fitur terbaru terlebih dahulu.

Mode WhatsApp baru yang memungkinkan Anda untuk mengedit pesan Anda – setelah Anda mengirimnya – juga sedang dikerjakan.(red)