Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Inilah Lima Tanda Gejala Tumor Otak, Termasuk Penglihatan Kabur dan Pelupa

×

Inilah Lima Tanda Gejala Tumor Otak, Termasuk Penglihatan Kabur dan Pelupa

Sebarkan artikel ini

GEJALA umum tumor otak termasuk sakit kepala yang melumpuhkan, kejang, dan mual.

Tetapi ada tanda-tanda lain yang kurang diketahui bahwa Anda mungkin memiliki massa yang berpotensi kanker yang tumbuh di dalam otak Anda.

Ini bisa termasuk mendengar suara dan percepatan pertumbuhan yang berlebihan.

Tumor otak membunuh lebih banyak anak-anak dan orang dewasa di bawah usia 40 tahun daripada kanker lainnya , menurut badan amal Brain Tumor Research.

Berikut ini lima tanda peringatan aneh dari tumor otak, seperti dilansir di dailymail.com, Kamis (16/3/2023).

Kehilangan minat pada hobi

Tiba-tiba kehilangan minat pada hobi favorit Anda mungkin merupakan tanda peringatan tumor otak.

Satu dari tiga orang dengan tumor otak mengalami semacam perubahan kepribadian, menurut The Brain Tumor Charity.

Ini bisa berupa hilangnya minat pada hobi. Ketika tumor tumbuh di otak, itu dapat menekan sel-sel sehat di sekitarnya.

Jika berkembang di lobus frontal, area yang mengontrol emosi, kepribadian, dan perilaku, Anda bahkan bisa mulai bertingkah aneh.

Tumor pada kelenjar hipofisis juga dapat menyebabkan perubahan kepribadian seperti depresi dan kecemasan, kata badan amal Brain Tumor Research.

Dr Karen Noble, direktur kebijakan, penelitian dan inovasi di Brain Tumor Research, mengatakan tumor otak di dekat kelenjar hipofisis dapat menyebabkan beberapa gejala yang paling mengejutkan, seperti perubahan kepribadian yang ekstrim, berat badan dan ukuran fisik, atau penundaan pubertas.

“Ini karena tumor memengaruhi kadar hormon yang dihasilkan kelenjar. Tetapi penting untuk mengetahui gejala ini sejak dini,” katanya.

Hanya 40 persen pasien kanker otak hidup lebih dari satu tahun setelah diagnosis dan hanya 20 persen bertahan lima tahun, menurut data.

Lonjakan pertumbuhan yang ekstrim

Tumor yang mempengaruhi kelenjar pituitari juga dapat, dalam kasus yang jarang terjadi, menyebabkan percepatan pertumbuhan yang ekstrim pada orang dewasa maupun anak-anak.

Beberapa tumor yang mempengaruhi kelenjar hipofisis membuat hormon, menurut Cancer Research.

Produksi hormon ini dapat menyebabkan percepatan pertumbuhan pada orang muda.

Tetapi percepatan pertumbuhan ini tidak hanya terjadi pada anak-anak, tetapi juga dapat terjadi pada orang dewasa.

Lonjakan ukuran yang tidak biasa ini dapat menyebabkan tangan, kaki, atau bahkan rahang bawah tumbuh pada orang dewasa, kata para ahli.

Dr Noble mengatakan deteksi dan pengobatan dini dapat menghindari komplikasi di kemudian hari; namun tumor otak sering salah didiagnosis, yang dapat menunda hal ini.

Ada lebih dari 120 jenis tumor otak dan gejalanya sangat banyak dan beragam – tergantung di otak mana tumor itu berada.’

Kelupaan

Lupa melakukan tugas sehari-hari seperti mengunci pintu dan mematikan oven sering dianggap sebagai tanda-tanda khas Alzheimer.

Tapi pelupa juga bisa menjadi tanda tumor otak.

Karena banyak area otak bekerja untuk menyimpan dan mengingat berbagai jenis ingatan, sulit untuk menentukan bagaimana tumor otak yang berbeda akan memengaruhi ingatan orang, menurut The Brain Tumor Charity.

Badan amal tersebut menjelaskan bahwa kelupaan lebih mungkin dialami jika tumor berada di lobus frontal atau temporal otak, tempat ingatan disimpan.

Sebanyak satu dari dua orang mengalami kesulitan ingatan yang disebabkan oleh tumor otak, tetapi hal itu juga dapat disebabkan oleh pengobatannya.

Penurunan kemampuan mental dan kebingungan juga merupakan gejala tumor otak di bagian otak ini.

Para ahli memperingatkan gejala-gejala ini mungkin datang dan pergi pada awalnya sebelum menjadi lebih buruk.

Penglihatan kabur

Penglihatan kabur atau penglihatan yang datang dan pergi, bahkan saat Anda memakai kacamata, bisa menjadi tanda tumor otak.

Jika tumor otak memberi tekanan pada saraf optik, penglihatan Anda dapat terpengaruh secara drastis, kata para ahli.

Anda bahkan mungkin memperhatikan bahwa Anda mulai menjadi lebih canggung dan menabrak sesuatu, terutama jika Anda kehilangan pandangan dari sudut mata Anda.

Itu bisa membuat Anda menabrak objek di sisi kiri atau kanan Anda jika Anda kehilangan penglihatan preferensial Anda.

Penglihatan kabur, bentuk mengambang, dan penglihatan terowongan juga bisa menjadi tanda tumor otak, menurut Cancer Research.

Selain penglihatan kabur atau ganda, Anda mungkin juga mengalami penglihatan buram yang dipicu oleh batuk, bersin, atau bahkan sekadar membungkuk.

Namun, gejala terkait mata dan penglihatan ini, jika muncul tiba-tiba, juga bisa disebabkan oleh gumpalan darah atau meningitis, sehingga badan amal Brain Tumor Research merekomendasikan untuk segera mencari nasihat medis.

“Tes mata secara teratur terkadang dapat mendeteksi masalah mata yang menunjukkan adanya tumor otak sebelum gejala apapun menjadi jelas,” ungkap Dr Noble.

Mendengar suara

Suara halusinasi dan mendengar suara acak terkadang dapat mengindikasikan kondisi kesehatan mental. Tapi bisa juga tumor otak.

Halusinasi pendengaran, sebagaimana diketahui, dapat disebabkan oleh tumor otak yang bersifat kanker dan jinak.

Halusinasi ini bisa terjadi jika tumor terletak di lobus temporal, bagian otak yang memproses suara, memahami bahasa, dan mengkodekan memori.

Itu juga bisa terjadi jika tumor menekan saraf yang mengirimkan sinyal dari telinga ke otak.

Tumor di sini juga dapat menyebabkan kesulitan mendengar dan berbicara, menurut Cancer Research.

“Yang menghancurkan, selain semua ketidakpastian ini, mereka yang didiagnosis dengan tumor otak juga biasanya menghadapi prognosis yang sangat suram. Hanya 12 persen pasien yang hidup lebih dari lima tahun,” kata  Dr Nobel.

NHS atau layanan kesehatan masyarakat menyarankan siapa pun yang mengalami halusinasi yang membuat Anda melihat, mendengar, mencium, merasakan, atau merasakan hal-hal yang tampak nyata tetapi sebenarnya tidak, untuk mencari bantuan medis. (red)