Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Genjot Pencegahan Stunting, BKKBN Sulut Gelar Pertemuan Implementasi Elsimil Tingkat Kabupaten/Kota

×

Genjot Pencegahan Stunting, BKKBN Sulut Gelar Pertemuan Implementasi Elsimil Tingkat Kabupaten/Kota

Sebarkan artikel ini

MANADO – Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut terus menggenjot berbagai program untuk penurunan angka stunting atau tengkes. Salah satunya lewat pertemuan implementasi elsimil tingkat kabupaten/kota di Provinsi Sulut. Kegiatan ini diinisiasi Pokja Pembangunan Keluarga BKKBN Sulut, digelar di Hotel Gran Puri Manado mulai 13-14 April 2023.

Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Sulut, Ir. Diano Tino Tandaju M.Erg mengatakan, pertemuan ini perlu dilakukan untuk meningkatkan keterpaparan dan akses pengelola program.

“Baik dari stakeholder provinsi maupun kabupaten/kota serta kecamatan terhadap aplikasi skrining dan pendampingan dalam penurunan stunting,” ungkap Tandaju.

Dr Cyndi Taloko dari Pokja Lini Lapangan dan Satgas PPS memaparkan materi terkait mekanisme pendamping keluarga. Katanya, pendampingan ini sangat penting untuk memastikan kondisi risiko stunting terindentifikasi dipahami dan ditindaklanjuti dengan treatment serta upaya-upaya kesehatan dan peningkatan struktur gizi.

“Sehingga risiko yang terdeteksi dapat ditekan dan dihilangkan,” paparnya.

Sementara Rosillia Bionda Wowiling S.Sos, M.Si selaku Ketua Pokja KIE, Hubungan Antar Lembaga dan Datin memberikan materi dengan judul “Pengenalan dan Cara Penggunaan Aplikasi Skrining dan Penampingan Calon Pengantin”.

Bionda berharap para peserta dapat melaksanakan pendampingan calon pengantin sesuai alur pendampingan di Aplikasi Elsimil.

Dalam pertemuan ini, ada dua hasil yang ingin dicapai bersama yakni pertama, pengelola bina keluarga remaja dan PLKB dapat memahami atau meneruskan kembali informasi tentang aplikasi skrining dan pendampingan calon pengantin.

Kedua, tim pendamping keluarga dan calon pengantin mendapat informasi tentang aplikasi skrining dan pendampingan calon pengantin.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Ketua Pokja Pembangunan Keluarga dr Alfrida Bayang M.Kes, dan para peserta dari pengelola kabid/kasie BKR 15 orang dan PLKB kabupaten/kota 15 orang.(red)