Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Olly Dondokambey “Tangkap Peluang Emas Investasi” dari China

×

Gubernur Olly Dondokambey “Tangkap Peluang Emas Investasi” dari China

Sebarkan artikel ini

CHINA — Kebijakan China yang telah melonggarkan pembatasan Covid-19 dan membuka perbatasan internasional, membangkitkan semangat optimisme bagi sektor perekonomian 2023 yang penuh tantangan. Sebagai salah satu mitra ekonomi China, Sulut pun dinilai akan diuntungkan oleh kebijakan tersebut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey tahu betul peluang emas ini. Tak mau menyia-nyiakannya, Gubernur Olly Dondokambey memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini dengan melakukan kunjungan kerja ke negeri tirai bambu sejak Sabtu pekan lalu.

Senin (8/5/2022), Gubernur Olly Dondokambey telah menyambangi pabrik ramah lingkungan Conch dan perpustakaannya.

Diketahui Conch yang merupakan pabrik semen ini juga telah membuka sejumlah cabangnya yang tersebar di Indonesia. Di Sulut, Conch membangun pabriknya di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Tidak sedikit proyek pembangunan infrastruktur di Sulut yang menggunakan semen Conch. Artinya, investasi dari negeri tirai bambu bernilai positif bagi kedua belah pihak baik dari sisi ekonomi maupun percepatan pembangunan infrastruktur.

Selain itu, Gubernur Olly Dondokambey juga siap melobi kembali pembukaan jalur penerbangan di delapan kota di China untuk menggenjot kunjungan wisata di Sulut sekaligus memacu pertumbuhan ekonomi yang sempat tertahan karena pandemi Covid-19 yang menutup sejumlah jalur penerbangan internasional.

Sektor pendidikan juga tak luput dari perhatian Gubernur Olly Dondokambey. Dirinya menyiapkan program magang di China bagi masyarakat Sulut untuk mempercepat transfer teknologi.

Sebelumnya, lewat dukungan Gubernur Olly Dondokambey juga, sejumlah pelajar di Sulut pernah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Cina. Setelah menyelesaikan pendidikan, mereka kembali untuk membangun Sulut.

Komitmen dan optimisme Gubernur Olly Dondokambey dalam membangun sumber daya manusia dan berbagai sektor strategis lainnya di Sulut memang tidak perlu diragukan lagi seperti peribahasa tuntutlah ilmu sampai ke negeri China.

“Sulut lebih dikenal di dunia, pariwisata meningkat, investasi tambah banyak,” ujar Gubernur Olly Dondokambey.

Adapun dalam kunker di China, Gubernur Olly Dondokambey turut didampingi Ketua TP PKK Sulut Ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dan pejabat Pemprov Sulut di antaranya, Asisten I Denny Mangala dan Asisten III, Frangky Manumpil. (red)