Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Wow! Pria Asal Belanda Lumpuh 12 Tahun Kembali Berjalan Setelah Dipasang Implan Pembaca Pikiran

8
×

Wow! Pria Asal Belanda Lumpuh 12 Tahun Kembali Berjalan Setelah Dipasang Implan Pembaca Pikiran

Sebarkan artikel ini

REKAMAN yang luar biasa telah menangkap seorang pria lumpuh yang berjalan untuk pertama kalinya dalam 12 tahun — hanya dengan menggunakan kekuatan pikirannya.

Gert-Jan Oskam, 40, dari Belanda, mengalami kecelakaan sepeda parah saat bekerja di China pada tahun 2011. Hal itu merenggut kemampuannya untuk menggerakkan kakinya.

Tapi implan elektronik perintis telah memungkinkannya untuk mendapatkan kembali kendali atas kakinya sekali lagi.

Cuplikan yang menghangatkan hati menunjukkan Gert-Jan berdiri, berjalan, dan bahkan menaiki tangga setelah dipasangi alat pembaca pikiran.

Gregoire Courtine, seorang ahli saraf di École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL), yang mengerjakan penelitian ini, menggambarkan teknologi ‘luar biasa’ sebagai ‘kelahiran kembali digital’ dari sumsum tulang belakang.

Cedera tulang belakang dapat mengganggu komunikasi antara otak dan daerah sumsum tulang belakang yang mengontrol berjalan, menyebabkan kelumpuhan.

Studi sebelumnya telah berupaya memulihkan gerakan pada orang dengan kelumpuhan jenis ini dengan merangsang daerah sumsum tulang belakang secara elektrik.

Namun, ini membutuhkan sensor gerak, dan pasien menunjukkan mobilitas terbatas di berbagai tugas dan medan.

Sebaliknya, tim EPFL datang dengan pendekatan baru, menggunakan implan elektronik untuk mengembangkan ‘jembatan digital nirkabel’ antara otak dan sumsum tulang belakang.

Satu implan ditempatkan di otak pasien, di atas area yang bertanggung jawab untuk pergerakan kaki.

Sedangkan yang kedua diletakkan di daerah sumsum tulang belakang yang mengontrol pergerakan kaki.

Profesor Jocelyne Bloch, seorang penulis studi tersebut, mengatakan perangkat ini memecahkan kode sinyal listrik yang dihasilkan oleh otak ketika kita berpikir untuk berjalan.

Sinyal otak kemudian diubah menjadi urutan rangsangan listrik dari sumsum tulang belakang.

Pada gilirannya, ini mengaktifkan otot-otot kaki untuk mencapai gerakan yang diinginkan.

Yang terbaik dari semuanya, sistem beroperasi secara nirkabel, memungkinkan pasien untuk bergerak secara mandiri.

Setelah implan ditempatkan di otak dan sumsum tulang belakang Gert-Jan, sistem hanya membutuhkan beberapa menit untuk mengkalibrasi, dan dia telah dapat menggunakannya di rumah selama lebih dari setahun sekarang.

Sementara sistem memungkinkan Gert-Jan untuk berdiri, berjalan, dan menaiki tangga sendiri, dia bercanda bahwa hal terbaik yang dapat dia lakukan adalah berdiri di bar untuk berbagi bir dengan teman-temannya.

“Kesenangan sederhana ini mewakili perubahan signifikan dalam hidup saya,” katanya seperti dilansir di dailymail.com, Kamis (25/5/2023).

Hebatnya, bahkan dengan jembatan digital dimatikan, para peneliti telah melihat ‘peningkatan luar biasa’ dalam keterampilan motorik Gert-Jan.

“Perbaikan digital dari sumsum tulang belakang ini menunjukkan bahwa koneksi saraf baru telah berkembang,” ujarnya.

Sejauh ini, jembatan digital hanya diuji pada satu orang, tetapi tim sekarang berharap untuk meluncurkannya ke orang lain.

“Memperluas konsep jembatan digital ke sumsum tulang belakang leher juga dapat mengembalikan gerakan lengan dan tangan setelah cedera tulang belakang dan stroke,” imbuhnya. (red)