Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Discover North Sulawesi Dibuka, Gubernur Olly Beberkan Prestasi Sulut

×

Discover North Sulawesi Dibuka, Gubernur Olly Beberkan Prestasi Sulut

Sebarkan artikel ini

Bulan September, yang sering disebut sebagai “bulan warga bumi nyiur melambai,” menjadi bulan yang istimewa bagi Provinsi Sulawesi Utara. Pada tanggal 23 September 2023 mendatang, provinsi ini akan merayakan ulang tahunnya yang ke-59. Namun, perayaan ini tidak hanya terbatas pada satu hari, melainkan akan berlangsung selama 30 hari ke depan dengan melibatkan 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara.

Penting untuk dicatat bahwa Gubernur Olly Dondokambey, yang baru-baru ini menerima sejumlah penghargaan, telah berperan penting dalam prestasi-provinsi ini. Sepertinya apresiasi terus mengalir ke Sulawesi Utara, berkat gebrakan dan kerja keras Gubernur Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Pada pelaksanaan pameran “Discover North Sulawesi” di Hotel Borobudur Jakarta, Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan bahwa bulan September ini menjadi momen penting untuk memperingati HUT Provinsi Sulawesi Utara yang ke-59 dan HUT ke-50 Hotel Borobudur dengan pantun yang meriah: “Kukis panada kukis lalampa, sering bakudapa torang samua senang.”

Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih atas peran penting seluruh daerah di Sulawesi Utara dalam mendukung kesuksesan provinsi ini.

“Kami bersyukur atas peran serta kabupaten/kota yang hadir di acara ini, yang menjadi chef jurumasak di sini. Nanti kalau mereka kurang enak masakannya, saya yang akan memasak,” katanya bercanda sambil mengungkapkan kebanggaannya atas sejumlah penghargaan yang diterima Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara baru-baru ini meraih banyak penghargaan dari pemerintah pusat, termasuk pengakuan atas percepatan pembangunan infrastruktur berkelanjutan. Selain itu, Sulawesi Utara juga menjadi salah satu nominator dalam Tingkat Pertumbuhan Investasi Berkelanjutan (TPIB) dengan prestasi yang mengesankan.

Gubernur Olly Dondokambey juga menekankan bahwa inflasi di Sulawesi Utara sangat terkendali, menciptakan stabilitas harga dan pertumbuhan ekonomi yang mengesankan, melebihi rata-rata nasional. Provinsi ini juga mendapat apresiasi dari pemerintah pusat atas kemampuannya dalam menggerakkan sektor ekonomi kreatif.

Kalau angka BPS, lanjut Gubernur Olly, inflasi Sulut paling terkendali. Tapi itulah, kata dia, semua ada di atas kertas, dan disyukuri saja, yang penting pertumbuhan ekonomi Sulut di atas rata-rata nasional, inflasi juga di bawah rata-rata nasional.

“Jadi kita bisa menjaga harga-harga dan kita juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kemarin juga kita mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat bahwa Sulut bisa menggerakkan ekonomi kreatif yang ada,” kata Olly.

Top eksektif Sulut ini menuturkan, selama jadi bulan Agustus, pengakuan dari pemerintah pusat banyak. Apa yang dikerjakan selama ini, berdampak sangat positif bagi pembangunan Sulut.

“Saya berterimakasih karena bukan Gubernur dan Wakil Gubernur yang kerjakan ini . Yang kerja ini masyarakat Sulut, bagaimana toleransi yang bisa berjalan dengan baik, damai di Sulut, sehingga investor mau datang berinvestasi di Sulut. Inilah yang harus kita jaga terus sehingga berdampak sangat positif bagi pemerintah Provinsi Sulut,” terangnya.

Dalam mengakhiri sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey mengajak semua pihak untuk menjaga sinergitas dan kerukunan di Sulawesi Utara agar investor terus berinvestasi. Ia juga berharap agar prestasi dan pembangunan positif ini dapat berlanjut, baik selama kepemimpinannya maupun pada masa yang akan datang.

Hadir pada pembukaan Discover North Sulawesi diantaranya, Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw, Sekdaprov Steve Kepel, ST MSi, Ketua TP PKK Sulut, Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, Sekretaris TP PKK dr Kartika Devi Kandouw Tanos MARS, Bupati/Walikota, para pejabat teras Pemprov Sulut dan undangan.(adv/dkips)