Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
Bencana AlamKesehatanSitaro

PMI Sitaro Bantu Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

817
×

PMI Sitaro Bantu Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

Sebarkan artikel ini

SIAU – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Sitaro bergerak cepat dalam memberikan dukungan dan bantuan bagi para pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Api Ruang. Di bawah kepemimpinan Ketua PMI Sitaro, Evangelian Sasingen, berbagai langkah telah diambil untuk memastikan kebutuhan dasar dan pelayanan kesehatan para pengungsi terpenuhi dengan baik.
Sejak terjadinya erupsi, PMI Sitaro telah mengerahkan anggota dan relawan ke posko-posko pengungsian. Mereka bertugas memberikan pelayanan darurat yang diperlukan pengungsi.
“Kami memastikan setiap pengungsi mendapatkan pelayanan yang memadai. Tim kami bekerja siang dan malam untuk mengatasi berbagai keluhan yang dialami para pengungsi,” kata Evangelian Sasingen.
Tidak hanya itu, PMI Sitaro juga aktif mendistribusikan bantuan kebutuhan pokok seperti makanan, air bersih, selimut, dan perlengkapan sanitasi. Bantuan ini diberikan untuk memastikan para pengungsi mendapatkan asupan gizi yang cukup dan kebutuhan dasar lainnya terpenuhi.
“Para pengungsi sangat membutuhkan dukungan logistik dalam situasi darurat seperti ini. Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan bantuan dapat segera diterima oleh mereka yang membutuhkan,” tambah Evangelian.
PMI Sitaro juga memberikan layanan dukungan psikososial untuk membantu para pengungsi, terutama anak-anak dan lansia, yang mengalami trauma akibat bencana. Relawan PMI memberikan konseling dan aktivitas yang dapat membantu mereka mengatasi stres dan kecemasan.
“Selain fisik, kesehatan mental para pengungsi juga sangat penting. Kami menyediakan berbagai program untuk membantu mereka tetap kuat dan optimis di tengah cobaan ini,” jelas Evangelian.
Upaya bantuan PMI Sitaro tidak terlepas dari koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah, Dinas Kesehatan, dan berbagai lembaga kemanusiaan lainnya. Evangelian Sasingen menekankan pentingnya kerja sama dalam penanganan bencana ini.
“Solidaritas dan kerja sama antar berbagai pihak sangat krusial. Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh semua pihak, baik dari pemerintah maupun masyarakat, yang turut membantu meringankan beban para pengungsi,” tuturnya.
Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, PMI Kabupaten Kepulauan Sitaro berharap dapat terus memberikan bantuan yang dibutuhkan para pengungsi hingga situasi kembali normal. Evangelian Sasingen menegaskan komitmen PMI untuk terus berada di garda terdepan dalam membantu masyarakat yang terkena dampak bencana.(stg/red)