Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
Bencana AlamBeritaPemerintahanSitaroSulut

Pj Bupati Sitaro Temui Wagub Sulut Bicarakan Relokasi Pengungsi

788
×

Pj Bupati Sitaro Temui Wagub Sulut Bicarakan Relokasi Pengungsi

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Sitaro Joi Oroh audensi dengan sejumlah pihak terkait relokasi pengungsi.(ist)

SIAU, gosulut.com – Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Joi Oroh, beraudiensi bersama Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw guna membahas rencana relokasi warga Pulau Ruang ke Desa Modisi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).
Pertemuan yang berlangsung di Kantor Gubernur Sulut ini merupakan langkah penting dalam memastikan keselamatan dan kesejahteraan warga yang terancam oleh aktivitas vulkanik di Pulau Ruang.
Dalam audiensi tersebut, Pj. Bupati Joi Oroh memaparkan kondisi terkini di Pulau Ruang, di mana aktivitas vulkanik semakin meningkat dan mengancam kehidupan warga.
“Kami telah melakukan berbagai upaya mitigasi, namun demi keselamatan warga, relokasi menjadi pilihan terbaik,” ujar Oroh.
Ia juga menyampaikan bahwa Desa Modisi telah dipilih sebagai lokasi relokasi karena dianggap aman dan memiliki fasilitas yang memadai untuk menampung warga yang direlokasi.
Wakil Gubernur Steven Kandouw menyambut baik rencana relokasi tersebut dan menyatakan dukungannya penuh. “Keselamatan warga adalah prioritas utama. Pemerintah Provinsi Sulut siap membantu dalam proses relokasi ini, termasuk dalam penyediaan infrastruktur dan kebutuhan dasar lainnya,” kata Kandouw.
Pertemuan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut dan instansi terkait lainnya. Mereka sepakat untuk segera melakukan langkah-langkah konkret guna mempercepat proses relokasi, termasuk sosialisasi kepada warga Pulau Ruang dan persiapan tempat tinggal sementara di Desa Modisi.
Relokasi ini diharapkan dapat dilakukan secepatnya mengingat situasi yang semakin mendesak. Pemerintah daerah dan provinsi berkomitmen untuk memastikan proses relokasi berjalan lancar dan warga dapat segera beradaptasi di tempat tinggal baru mereka dengan aman dan nyaman.(stg/red)