Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
ManadoPemerintahanPendidikanSulut

Wagub Kandouw Tawarkan Magang ke Jepang Buat 486 Lulusan SMAN 7 Manado

1238
×

Wagub Kandouw Tawarkan Magang ke Jepang Buat 486 Lulusan SMAN 7 Manado

Sebarkan artikel ini

MANADO, gosulut.com – 486 siswa kelas XII SMA Negeri 7 Manado menjalani etape penting dalam pendidikannya. Kamis (30/5/2024) mereka mengikuti prosesi penamatan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Kota Manado. Wagub Sulut Steven Kandouw hadir melengkapi kebahagiaan mereka bersama orang tua.
Wagub dalam sambutannya memaparkan bahwa fase baru yang bakal dilalui para siswa yang telah dinyatakan lulus tersebut di era digitalisasi menjadi tantangan tersendiri. Antara lain, menyusutnya lapangan pekerjaan, yang kemudian menambah angka pengangguran menjadi momok menakutkan bagi generasi Z atau milenial.
Namun demikian, katanya, sejumlah strategi terus dimodifikasi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (ODSK). Salah satunya menyiapkan program magang ke Jepang.
“Untuk yang langsung bekerja, Pak Gubernur sudah membuka jalur bekerja di Jepang, tapi harus mengikuti alurnya dengan mengikuti pelatihan sehingga bisa kerja ke Jepang. Ada juga ke Australia,” jelas Kandouw.
Menurut Wagub, menyediakan lapangan pekerjaan sudah menjadi tanggungjawab pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat, sekaligus mengangkat derajat putra-putri daerah agar dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional.
“Ini yang menjadi modal Anda untuk menghadapi masa depan. Karena proses tidak akan mengkhianati hasil. Semakin tekun dan berkonsentrasi, Anda akan menikmati hasil,” ujarnya.
Wagub pun mengapresiasi peran guru-guru yang yang sudah membawa 70 persen lulusan SMAN 7 Manado diterima di berbagai universitas negeri di Indonesia, melebihi kuota yang disediakan yakni 40 persen.
“Kualitas guru sangat berpengaruh terhadap masa depan siswa-siswi. Olehnya hal tersebut harus terus dipertahankan agar supaya kualitas kelulusan semakin baik dari tahun ke tahun.
“Buat adik adik siswa ingat jasa gurumu,” pesan Kandouw,” tambahnya.(red)