Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
AdvertorialPemerintahanSitaro

DPRD Sitaro Gelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka HUT Ke-17 Kabupaten Sitaro

894
×

DPRD Sitaro Gelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka HUT Ke-17 Kabupaten Sitaro

Sebarkan artikel ini
Rapat Paripurna DPRD Sitaro dipimpin Ketua DPRD Djon P Janis

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Daerah ke-17 pada Sabtu, 1 Juni 2024. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Sitaro, Djon P Janis, dan dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD serta pejabat penting lainnya.
Hadir dalam rapat tersebut Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Badan Pengelola Perbatasan Sulut, Jemmy Gagola; Pejabat (Pj) Bupati Sitaro, Joi EB Oroh; unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sitaro, unsur TNI/Polri, serta jajaran pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sitaro. Selain itu, para Camat, Lurah, dan Kapitalau se-Sitaro juga turut hadir dalam acara tersebut.

Peserta Rapat Paripurna berpakaian adat

Rapat Paripurna DPRD kali ini dilaksanakan dengan tema adat Sitaro, menampilkan kekayaan budaya dan tradisi lokal. “Pelaksanaan rapat dengan tema adat ini adalah bentuk penghormatan dan apresiasi kita terhadap budaya Sitaro yang kaya dan unik,” ujar Ketua DPRD Sitaro, Djon P Janis, dalam sambutannya.
Peringatan HUT Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2024, diundur dan dilaksanakan pada 1 Juni 2024, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. Keputusan ini diambil mengingat situasi pasca bencana erupsi Gunung Ruang yang melanda daerah tersebut.

Pj Bupati Joi Oroh saat menyampaikan sambutan

Dalam rapat tersebut, Pj Bupati Sitaro, Joi EB Oroh, menyampaikan berbagai pencapaian dan program strategis yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah selama setahun terakhir. Ia juga menekankan pentingnya semangat kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Kabupaten Sitaro. “Kita semua harus terus bersatu dan bekerja keras untuk menghadapi berbagai tantangan, termasuk bencana alam yang baru-baru ini kita alami,” kata Oroh.
“Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan segenap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sitaro atas pengabdian dan dedikasi yang diberikan menjadi pilar penting dalam pembangunan dan kemajuan Sitaro.”
“Kerja keras yang telah ditunjukan DPRD Sitaro tidak hanya mencerminkan aspirasi masyarakat, tetapi juga telah membawa perubahan nyata yang dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat.”
“Tanpa dukungan penuh dari DPRD, berbagai program dan inisiatif yang telah kita laksanakan tidak akan mungkin tercapai. Oleh karena itu, mari kita terus memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan DPRD untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan yang lebih besar lagi di masa yang akan datang,” tukas Oroh.

Para tokoh masyarakat Sitaro dan Forkopimda

Kepada para pendahulu dan para pendiri Kabupaten Kepulauan Sitaro yang dikenal sebagai “Tim 17” dengan hormat juga disampaikan terima kasih atas jasa dan pengabdian terbaik kepada daerah Sitaro yang sama-sama kita cintai dan banggakan.
“Hari ini, kita bersama-sama memperingati hari yang bersejarah bagi kita semua, yaitu Hari Ulang Tahun ke-17 Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Sebuah perjalanan yang penuh dengan dinamika dan tantangan, namun juga diwarnai dengan berbagai pencapaian yang membanggakan,” jelas Oroh.
Oleh karena itu, sehubungan dengan kebijakan dan program kerja pemerintah daerah, perlu disampaikan hal-hal sebagai
berikut :
Capaian Kinerja dapat ditunjukkan melalui indikator
sebagai berikut :
1. Indeks Perkembangan Harga (IPH) sampai dengan minggu ke-4 bulan Maret 2024 sebesar 4,86%, merupakan indeks terendah di Provinsi Sulawesi Utara yaitu 8,45%. Ini menunjukan bahwa pengendalian inflasi di Sitaro adalah yang terbaik di Provinsi Sulawesi Utara.
2. Prevalensi stunting di Kab. Kep. Sitaro juga mengalami penurunan pesat di mana balita stunting tinggal sebanyak 13 balita hingga bulan Februari 2024.
3. Tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan pada tahun 2022 sebesar 2,96% menjadi 2,09% pada tahun 2023.
4. Estimasi Tingkat Kemiskinan Ekstrem pada tahun 2024 telah berada di angka 0,0% atau Nol Jiwa.

Atas berbagai capaian kinerja pemerintah daerah, Kab. Kep. Sitaro juga berhasil memperoleh berbagai prestasi membanggakan antara lain :
1. Pada Bidang Perencanaan Pembangunan Daerah, menjadi terbaik pertama kategori kabupaten pada PPD tingkat provinsi sebanyak 5 (lima) kali berturut-turut dari tahun 2019-2023 dan meraih 12 (dua belas) besar kategori kabupaten PPD tingkat nasional di tahun 2023.
2. Menerima penghargaan Swasti Saba Kategori Padapa (Kabupaten Sehat) Tahun 2023.
3. Menerima penghargaan atas terbentuknya Pokjanal Posyandu.
4. Terbaik 1 (satu) pada Penilaian Kinerja Penurunan Stunting Provinsi Sulawesi Utara tahun 2023.
5. Terbaik 1 (satu) pada Lomba Inovasi Rakerkesda tahun 2023 di bidang kesehatan.
6. Menerima penghargaan tenaga kesehatan terbaik 1 (satu) kategori dokter teladan, dokter gigi teladan dan apoteker teladan.
7. Dalam urusan sanitasi Sitaro meraih penghargaan terbaik 2 (dua) Lomba Sanitasi Kategori Sanitasi Layak Tahun 2023.
8. Terbaik 1 penilaian Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) di Provinsi Sulawesi Utara tahun 2023 dengan nilai “A” predikat Baik.
9. Menerima penghargaan program sejuta rumah tahun 2023 dari Kementerian PUPR;
10. Menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM Tahun 2023.
11. Menerima penghargaan Anugerah Mapalus Pendidikan kategori Pengguna Arkas 4.0 Terbanyak dan kategori Partisipasi Peserta Didik dalam Assesmen Nasional dari Kemendikbudristek BPMP Prov. Sulut.
12. Menerima Penghargaan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Terbaik Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024.
13. Meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 11 kali secara berturut turut dari tahun 2013 s.d tahun 2023.
Gubernur Sulawesi Utara, melalui Kepala Badan Pengelola Perbatasan, Jemmy Gagola, menyampaikan apresiasi atas kinerja dan komitmen Pemerintah Kabupaten Sitaro dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. “Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan terus mendukung upaya pembangunan dan pemulihan di Kabupaten Sitaro,” ujar Gagola.
Suksesnya pelaksanaan Rapat Paripurna ini, diharapkan semangat kebersamaan dan persatuan di Kabupaten Sitaro semakin kokoh, serta menjadi momentum untuk terus berinovasi dan bekerja lebih baik dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.(*)