Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300
Pemilu 2024Tomohon

KPU Tomohon Giat Sosialisasikan Tahapan dan Tata Cara Pemilihan

1197
×

KPU Tomohon Giat Sosialisasikan Tahapan dan Tata Cara Pemilihan

Sebarkan artikel ini

Sasar Pemilih Pemula dari Gen Z

KPU, Tomohon, Albertien Pijoh, Rojer Farael Datu
Sosiualisasi Pendidikan Pemilih oleh KPU Tomohon di Grand Master Resort

TOMOHON—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon terus giat melaksanakan sosialisasi tahapan dan tata cara pemilihan kepada masyarakat.

Bertempat di Grand Master Resort Kakaskasen Satu Tomohon Utara, Kamis (6/6/2024) KPU Tomohon menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula, dengan peserta para siswa yang sudah berhak memberikan hak suara bersama guru pendamping.

Ketua KPU Kota Tomohon Albertien G Vierna Pijoh SE mengungkapkan, sosialisasi ini sangat penting untuk mereka yang baru pertama kali menggunakan hak pilih. Menurutnya, di Kota Tomohon, untuk Pilkada November tahun 29024, ada sekira 13 persen pemilih, terdiri dari pemilih pemula yang berasal dari gen Z.

‘’Untuk memulai sesuatu yang baru pertama kali dilakukan, tentunya harus ada tuntunan. Nah, sebagai penyelenggara pemilihan umum, sudah menjadi tanggung jawab kami untuk melakukan sosialisasi dan tata cara pemilihan,’’ katanya seraya menambahkan pihaknya terus mengingatkan kepada pemilih pemula untuk tidak terpengaruh dengan money politik dan sesuatu yang bersifat hoax.

Kegiatan yang dilakukan tambah komisioner yang sudah dua periode di KPU Tomohon tersebut, baru awal. Selanjutnya, akan turun langsung ke sekolah-sekolah.

Sementara Rojer Rafael Datu SSos, Ketua Divisi Sosialiusasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Tomohon memberikan materi tentang tahapan, program, dan jadwal Pemilu atau Pemilihan, proses dan tata cara teknis penyelenggaraan Pemilihan. Juga tugas dan wewenang KPU, KPU Provinsi, serta KPU Kabupaten dan Kota.

‘’Kami terus berupaya agar masyarakat berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya di TPS dalam pesta demokrasi. Dengan memberian suaranya di TPS, berarti telah menyukseskan program pemerintah dalam berdemokrasi,’’ tukas Datu. (red)