Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
Minahasa

Bupati Kumendong Buka Rakor Pelaksanaan Tim Percepatan Penurunan Stunting dan Percepatan Pengukuran Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

965
×

Bupati Kumendong Buka Rakor Pelaksanaan Tim Percepatan Penurunan Stunting dan Percepatan Pengukuran Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Sebarkan artikel ini

MINAHASA – Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M,Si, secara resmi membuka kegiatan Rakor Pelaksanaan Tim Percepatan Penurunan Stunting dan Percepatan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kabupaten Minahasa.

Kegiatan Rakor Berlangsung di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, yang diawali dengan laporan yang disampaikan Kadis DPPKB Meitha Aguw, Kamis (20/6/24).

Dalam sambutannya, Bupati Kumendong menyampaikan bahwa Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama, terutama pada periode seribu hari pertama kehidupan” ujar Kumendong.

“Penurunan stunting menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional, dan kita di kabupaten minahasa harus mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasinya dengan membentuk tim percepatan penurunan stunting yang terdiri dari berbagai OPD mulai dari kesehatan, pendidikan, sosial, hingga infrastruktur.

Kita berkumpul untuk membahas pelaksanaan program-program yang telah direncanakan, mengevaluasi kemajuan yang telah dicapai, dan mengidentifikasi tantangan serta solusi untuk meningkatkan efektivitas intervensi kita sehingga penurunan stunting memerlukan upaya yang terkoordinasi dan berkesinambungan.

Saya menekankan beberapa hal penting yang perlu menjadi perhatian kita bersama yaitu penguatan data dan sistem informasi karena dengan data yang akurat dan terkini sangat penting untuk memantau perkembangan dan mengevaluasi program.

Peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dan kader tenaga kesehatan dan kader posyandu adalah ujung tombak dalam pencegahan dan penanganan stunting serta dapat berkolaborasi lintas sektor.

Stunting bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga terkait dengan faktor-faktor sosial, ekonomi, dan lingkungan, untuk itu kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam pencegahan stunting sehingga edukasi mengenai pentingnya asupan gizi yang baik, praktik pengasuhan yang benar, serta pola hidup sehat harus terus digalakkan.

Saya berharap, melalui rapat koordinasi ini, kita dapat merumuskan strategi dan langkah-langkah konkrit untuk mempercepat penurunan angka stunting di kabupaten minahasa, juga berharap kita semua dapat berkomitmen untuk melaksanakan setiap program dan kegiatan yang telah direncanakan dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi” Tutup Bupati Kumendong.

Turut hadir, Inspektur, Ka. Bapelitbangda, Kadis Sosial, Kadis Perkim, Kadis Capil, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadis Kominfo, Kadis Pangan, Sekdis PU, Para Camat di Minahasa, serta Para Kepala Puskesmas dan Petugas Gizi. (ric)