Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
KesehatanMinahasaPemerintahan

Bupati Kumendong Buka Kegiatan Kick Off Meeting Implementasi Integerasi Pelayanan Kesehatan Primer Tahun 2024

863
×

Bupati Kumendong Buka Kegiatan Kick Off Meeting Implementasi Integerasi Pelayanan Kesehatan Primer Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

MINAHASA – Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.SI menghadiri sekaligus membuka kegiatan Kick Off Meeting Implementasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Kabupaten Minahasa Tahun 2024, di Hotel Yama Resort Tondano, Jumat (21/6/24). Agenda dilanjutkan dengan penyerahan SK Piloting Project Penerapan ILP dan Penandatanganan Komitmen bersama Pemerintah Daerah dan Seluruh Lintas Sektor, Lintas Program Terkait Penerapan ILP di Kabupaten Minahasa.
Dalam sambutannya Bupati Kumendong menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan primer merupakan ujung tombak dalam sistem pelayanan kesehatan di Indonesia, sehingga dalam pelayanan kesehatan primer inilah masyarakat akan mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan yang baik, sesuai dengan yang mereka butuhkan.
“Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan primer di kabupaten minahasa berjalan dengan optimal, terintegrasi, dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat,” kata Kumendong.
Lebih lanjut Bupati menambahkan, data menunjukkan bahwa sebagian besar kasus kematian yang terjadi di Indonesia merupakan kasus yang dapat dicegah, namun spesifik terjadi untuk berbagai kelompok usia. Di antaranya penyakit stroke, penyakit jantung iskemik, hipertensi, dan TBC yang menduduki penyebab kematian tertinggi pada kelompok usia di atas 15 tahun. Sedangkan di bawah usia 15 tahun, lebih cenderung pada permasalahan gizi, penyakit menular seperti TBC, diare, dan infeksi saluran pernafasan yang mendominasi. Selanjutnya pada kondisi ibu hamil, penyebab kematian terbesar disebabkan pada perdarahan dan hipertensi dalam kehamilan.
Untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, katanya, Kementerian Kesehatan telah berkomitmen melaksanakan enam pilar transformasi. Salah satu di antaranya yaitu transformasi layanan primer, sehingga menjadikan transformasi inilah yang menjadi pilar penting dengan tujuan untuk mendekatkan layanan promotif preventif berkualitas kepada masyarakat melalui promosi kesehatan, pencegahan, deteksi dini, dan pelayanan kesehatan untuk semua siklus hidup.
“Tujuan dari pelaksanaan integrasi pelayanan kesehatan primer yaitu untuk mengoptimalkan koordinasi dan kolaborasi antar berbagai sektor kesehatan. Dan dengan integrasi ini diharapkan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan primer dapat bekerja secara sinergis, sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih efisien, efektif, dan berkualitas,” kata Kumendong. (ADV)