Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
DPRDPemerintahanPolitikSitaro

Pemkab Sitaro: Terima Kasih Seluruh Fraksi DPRD Sitaro

798
×

Pemkab Sitaro: Terima Kasih Seluruh Fraksi DPRD Sitaro

Sebarkan artikel ini

Setujui Ranperda Perumda Air Minum Singkahindo dan Ranperda Penyertaan Modal Daerah

SIAU, gosulut.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menyampaikan tanggapan atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Ake Singkahindo dan Ranperda Penyertaan Modal Daerah.
Tanggapan ini disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Novia Tamaka, yang mewakili Penjabat Bupati Sitaro, Joi Oroh dalam Rapat Paripurna DPRD Sitaro hari ini.
Novia Tamaka membuka tanggapan dengan menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sitaro atas pelaksanaan rapat paripurna ini.
“Agenda hari ini adalah penyampaian tanggapan dan/atau jawaban Bupati terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas Ranperda Perumda Air Minum Ake Singkahindo dan Ranperda Penyertaan Modal Daerah kepada Perumda Air Minum Ake Singkahindo,” ujar Tamaka.
Menanggapi Pandangan Umum Fraksi Golkar, Novia Tamaka menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Fraksi Partai Golkar yang telah menyetujui kedua Ranperda tersebut. “Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kebutuhan air bersih bagi masyarakat secara berkesinambungan dengan mengutamakan kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan, serta memberikan kontribusi sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah,” jelas Tamaka.
Demikian juga Kepada Fraksi PDIP, Tamaka juga menyampaikan terima kasih atas persetujuan terhadap kedua Ranperda tersebut. “Kami akan terus berupaya dan berinovasi untuk memberikan layanan air bersih kepada masyarakat sekaligus dapat memberikan kontribusi dalam menyokong pertumbuhan ekonomi di daerah,” kata Tamaka.
Sama halnya juga menanggapi beberapa pertanyaan dari Fraksi Partai Perindo, Tamaka memberikan penjelasan sebagai berikut: pertama pertimbangan kritis Pembentukan Perumda Air Minum didasarkan pada ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah.
“Pembentukan Perda ini bukan membentuk perusahaan daerah yang baru tetapi menindaklanjuti ketentuan peraturan perundang-undangan,” terang Tamaka.
Selain itu, adanya pemikiran pembentukan Perda Pemerintah Daerah berharap keberadaan Perumda Air Minum Ake Singkahindo dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, meskipun saat ini masih banyak keluhan terkait pelayanan air bersih.
Bukan itu saja, bahkan dari sisi kajian pemberian modal sudah berdasarkan Pasal 8 Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017, pembentukan Perumda diprioritaskan untuk perlindungan dan pemenuhan hajat hidup orang banyak.
“Dalam hal ini pemerintah daerah berkewajiban memberikan penyertaan modal demi keberlangsungan Perumda Air Minum,” jelasnya.
Terkait dengan analisa pemberian modal juga sesuai dengan penjelasan Pasal 8 Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017, penyertaan modal daerah bertujuan untuk menyediakan kemanfaatan umum seperti penyediaan barang dan/atau jasa yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat, serta pelayanan air minum yang lebih efisien dibandingkan dengan penyediaan oleh perangkat daerah.
“Ini komitmen pemerintah daerah untuk terus bekerja sama dengan DPRD dalam mewujudkan layanan air bersih yang berkualitas bagi masyarakat Sitaro. Semoga langkah ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Sitaro,” pungkasnya.(stg/red)