Scroll untuk baca berita terbaru
unsrat t2
Bencana AlamLingkunganPemerintahanPublikSitaro

Curah Hujan Tinggi, Pemkab Sitaro Imbau Warga dan Pengguna Jalan Tetap Waspada

810
×

Curah Hujan Tinggi, Pemkab Sitaro Imbau Warga dan Pengguna Jalan Tetap Waspada

Sebarkan artikel ini
Kondisi Kali Batuawang yang sering terjadi banjir lahar dingin.(Ist)

SIAU, gosulut.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengeluarkan imbauan kepada seluruh warga dan pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintas di ruas jalan Ulu-Ondong, khususnya di daerah Kali Batuawang.
Imbauan ini disampaikan mengingat intensitas curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut, yang meningkatkan risiko terjadinya banjir lahar dingin.
Pj Bupati Sitaro, Joi Oroh, menyampaikan bahwa saat ini kondisi cuaca di Sulut, termasuk Sitaro, sedang tidak menentu dan berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir lahar dingin di beberapa titik rawan.
“Kali Batuawang merupakan salah satu titik yang sering mengalami banjir lahar dingin saat hujan deras melanda. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada seluruh warga dan pengguna jalan untuk selalu waspada dan berhati-hati saat melintas di daerah tersebut,” ujar Oroh.
Pemkab Sitaro juga mengingatkan agar warga tidak memaksakan diri melintasi jalan yang tergenang air atau berisiko tinggi, dan sebaiknya mencari jalan alternatif yang lebih aman.
Selain itu, masyarakat diimbau untuk selalu memantau informasi cuaca dan kondisi jalan melalui media resmi pemerintah daerah dan instansi terkait.
“Keselamatan adalah prioritas utama kami. Kami berharap warga dan pengguna jalan dapat mengikuti imbauan ini demi keamanan bersama,” tambah Oroh.
Pemerintah daerah juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pemantauan dan penanganan cepat terhadap situasi darurat akibat cuaca ekstrem.
“Kami telah menyiapkan tim tanggap darurat yang siap membantu warga jika terjadi bencana alam. Mari kita bersama-sama menjaga keselamatan dan selalu waspada terhadap kondisi cuaca yang tidak menentu ini,” pungkas Oroh.(stg/red)