Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Kegiatan Advokasi Kebijakan GERMAS Digelar, Bupati Sitaro: Ayo Jadikan Pola Hidup Sehat Sebagai Gaya Hidup

×

Kegiatan Advokasi Kebijakan GERMAS Digelar, Bupati Sitaro: Ayo Jadikan Pola Hidup Sehat Sebagai Gaya Hidup

Sebarkan artikel ini

SITARO — Dinas Kesehatan Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro), di Sulut, menggelar Kegiatan Advokasi Kebijakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Selasa (28/6/2022).

Kegiatan dibuka Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen. Dalam penyampaiannya Sasingen mengatakan, mengajak semua elemen masyarakat menjadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup.

“Dalam upaya mewujudkan hasil pembangunan yang optimal, dibutuhkan orang-orang yang sehat baik secara fisik serta sehat dalam hal berpikir,” kata Sasingen.

Oleh karena itu, ia menyimpulkan jika GERMAS merupakan salah satu motor penting dalam mewujudkan pembangunan.

Ia juga menyentil perihal perubahan yang terjadi mulai era 90-an hingga kini. Menurutnya, perubahan gaya hidup masyarakat di tahun 90-an, ditengarai menjadi salah satu pemicu munculnya beragam penyakit baru.

“Penyakit menular semakin bermunculan sejak saat itu yang kemudian menjadi penyebab angka kesakitan dan kematian yang tinggi,” urainya.

“ ISPA (Infeksi saluran pernafasan atas), TBC atau Tuberkolosis dan Diare menjadi momok yang menakutkan saat itu,” tambahnya.

Dan saat ini, atau sejak tahun 2010, kata Sasingen lagi, penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, Jantung dan Kencing Manis (Diabetes) mulai mendominasi dan memiliki proporsi lebih di bidang pelayanan.

“Dan paling besar pemicunya juga ternyata adalah gaya hidup,” ujarnya.

Karena itu, lagi-lagi politisi PDIP ini menekankan pentingnya GERMAS.

“Ayo kita sama-sama membudayakan pola hidup sehat di masyarakat yang dimulai dari diri sendiri,” ajaknya.

Turut hadir dalam kegiatan itu di antaranya, Wakil Bupati, John H. Palandung, Pj Sekretaris Daerah, Agus T. Poputra, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra juga selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sitaro, dr. Semuel E. Raule, serta para Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Adapun Narasumber di antaranya: Pelaksana Promosi Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Propinsi, Ningsih Noor, Kasie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Daerah Propinsi, Rita Supit, Kasie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro Meyke S. Matantu. (gus)