Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Upacara Adat Tulude 2024 Sangihe Bakal Libatkan 80 Persen Anak Muda

×

Upacara Adat Tulude 2024 Sangihe Bakal Libatkan 80 Persen Anak Muda

Sebarkan artikel ini
Sangihe, tulude, Olga Makasidamo
Rapa panitia HUT ke-599 Kabupaten Sangihe

SANGIHE –Memperingati HUT ke-599 Tahun Kabupaten Kepulauan Sangihe yang rutin digelar setiap tanggal 31 Januari mulai dipersiapkan, dengan melaksanakan rapat panitia di ruang serbaguna Kantor Bupati, Selasa (9/1/2024) dipimpin Asisten III Sekda Kabupaten Sangihe, Dra Olga Makasidamo selaku ketua umum panitia didampingi Asisten I Johanis Pilat, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Djoli Mandak, serta seluruh panitia dari masing-masing seksi

Menariknya, dalam rapat tersebut, HUT Kabupaten Sangihe yang dalam setiap kegiatannya ada Upacara Adat Tulude, 80 persen yang akan terlibat adalah anak muda.

Pada pengantar rapat, Johanis Pilat menyampaikan bahwa Pemerintah daerah dan seluruh komonitas masyarakat Sangihe sebagai sebuah wilayah adat, senantiasa ingin menyelenggarakan perayaan hari ulang tahun daerah lewat Upacara Adat Tulude.

‘’Dengan adanya pelestarian maupun pemanfaatan kebudayaan dan kemajuan, Sangihe memiliki harapan-harapan. Salah satunya warisan peradaban yang lahir di wilayah Kepulauan Sangihe yang senantiasa kita wujudkan serta presentasikan pemaknaannya,’’ ujar Pilat dalam rapat.

Sementara ketua umum panitia Dra Olga Makasidamo mengatakan bahwa HUT Daerah Kabupaten Sangihe dan Upacara Adat Tulude merupakan kolaborasi adat budaya dan agama yang rutin digelar setiap tahunnya pada 31 Januari.

‘’Ini bukan kegiatan baru, tetapi menjadi kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten Sangihe dan kegiatan Tulude ini sudah go publik, karena tidak hanya dilaksanakan di daerah Kabupateen Sangihe, tapi dilaksanakan juga di beberapa daerah lain bahkan di luar negeri yang dilakukan berbagai komunitas,’’ tutur Makasidamo

Dasar pelaksanaan Upacara Adat Tulude 2024 tambah Makasidamo diuangkan melalui SK Bupati nomor 21/ 420 tahun 2024 tertanggal 4 Januari 2024. (ndy)