Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300
AdvertorialBencana AlamKesehatanPemerintahanSitaroSulut

Wagub Kandouw Jenguk Pengungsi Gunung Ruang Yang Dirawat Di RSUD ODSK

1402
×

Wagub Kandouw Jenguk Pengungsi Gunung Ruang Yang Dirawat Di RSUD ODSK

Sebarkan artikel ini

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara merawat korban erupsi Gunung Ruang di beberapa rumah sakit di Manado. Salah satunya di RSUD ODSK di bilangan Bethesda, Kleak. Jumat (3/5/2024) siang, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw meninjau penanganan dan perawatan pengungsi korban Gunung Ruang tersebut.
Wagub Steven bersama istri dr. Devi Kartika Kandouw-Tanos mendatangi ruangan pasien sambil menanyakan kondisi mereka sembari memberi semangat dan menyerahkan bingkisan.
Wagub Steven Kandouw pada kesempatan itu menegaskan komitmen Gubernur Olly Dondokambey untuk para korban bencana erupsi Gunung Ruang, termasuk memberikan layanan kesehatan maksimal.
“Komitmen Pak Gubernur memberikan pelayanan kita kepada para pengungsi ini komperhensif. Walaupun tidak ada BPJS, kita tanggulangi semua. Keluarganya juga kita tampung,” ujar Wagub.
Untuk diketahui selain merawat pengungsi yang mengalami sakit, RSUD ODSK juga menyiapkan ruangan khusus untuk pendamping atau keluarga pasien.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dr Debie Kalalo menambahkan untuk keluarga pasien, selain disediakan ruangan di RSUD ODSK, Pemerintah Provinsi Sulut juga menyiapkan tempat bagi para pengungsi. Salah satunya dia Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Malalayang.
“Saat ini di Balai Pelatihan Kesehatan sudah datang 65 orang (pengungsi) di antaranya 14 ibu hamil, ada juga anak-anak,” ungkapnya.
Terkait layanan kesehatan, Kalalo menerangkan Dinas Kesehatan Sulut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sitaro untuk merujuk pasien yang sakit.
“Pasien-pasien yang sakit berat ataupun sedang dirujuk di rumah sakit yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. Ada di RSUD ODSK, RS Manembo-nembo Bitung, Rumah Sakit Teling, dan RSUP Prof Kandou. Semuanya dilayani,” ungkap Kalalo.
Khusus untuk rumah sakit yang dikelola Pemerintah Provinsi Sulut, sebagaimana instruksi Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, semua pasien juga pendamping/keluarga pasien juga disiapkan ruangan.(adv/dkips)