Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Bolmut Sudah Ada 3 PDP

×

Bolmut Sudah Ada 3 PDP

Sebarkan artikel ini

corona1BOROKO — Daftar Pasien Dalam Pengwasan (PDP) di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) kini berjumlah 3 orang. Banyak kalangan masyarakat setempat menilai status PDP  tersebut sudah dinyatakan sebagai pasien positif Corona Virus Disease atau Covid-19.

Menanggapi hal tersebut Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut dr Jusnan C Mokoginta MARS, angkat bicara. Menurutnya status PDP bukan berarti telah dinyatakan sebagai positif Corona. Melainkan memenuhi beberapa kriteria, seperti demam, batuk, dan memiliki riwayat perjalanan transmisi lokal.

Menurutnya lagi, kepanikan mengenai corona adalah pemandangan yang tak asing. Itu semua terjadi karena tidak semua masyarakat paham betul keadaan saat ini. Ditambah lagi istilah-istilah baru yang beredar tanpa pengetahuan mumpuni, membuat banyak orang dilanda takut dan cemas berlebihan sehingga stigma mulai terbentuk.

“Akhirnya beberapa orang yang pernah menyandang status PDP dijauhi bahkan terkesan diperlakukan tidak biasa oleh lingkungannya. Paradigma inilah yang salah. PDP bukan berarti sudah positif Corona,” sebutnya.

Diterangkannya  pasien dalam pengawasan adalah seseorang yang mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dengan demam 38 derajat celcius atau lebih, atau riwayat demam disertai salah satu tanda penyakit pernapasan seperti batuk, sesak nafas, sakit tenggorokan, pilek, pneumonia ringan hingga berat dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan. Di mana pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di wilayah yang terinfeksi Corona.

“Artinya, PDP ialah orang dengan demam 38 derajat celcius atau lebih. Yang memiliki riwayat demam atau ISPA dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan penderita Covid-19,” terang Jusnan.

Atas dasar itu dirinya berharap agar masyarakat tetap tenang dengan situasi yang ada sekarang ini dengan meningkatkan kewaspadaan dan tetap mengikuti aturan pemerintah serta melaksanakan pola hidup sehat dan bersih guna memutus mata rantai masuknya wabah corona di Kabupaten Bolmut. “Masyarakat tetap tenang, jangan panic, tingkatkan imun, dan ikuti anjuran pemerintah,”  ujarnya.(**)

Data Covid-19 Bolmong Utara

Nama              Jumlah

ORP                1.064   Orang

OTG                6          Orang

ODP                38        Orang

PDP                 3          Orang

Sumber Dinas Kesehatan Bolmut