Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Tito Pilih Agus Fatoni untuk Pjs Gubernur Sulut

×

Tito Pilih Agus Fatoni untuk Pjs Gubernur Sulut

Sebarkan artikel ini

JAKARTA — Mendagri Tito Karnavian menugaskan empat pejabat eselon I di Kemendagri menjadi Pejabat Sementara (Pjs) di provinsi yang menggelar Pilkada Gubernur-Wagub, Desember 2020 mendatang. Salah satunya Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Untuk Sulut, Tito memilih Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si, Kepala Bapelitbang Kemendagri.

Selain Agus Fatoni, pejabat Kemendagri dan BNPP itu adalah Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar sebagai Pjs Gubernur Kepulauan Riau; Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP, Restuardy Daud sebagai Pjs Gubernur Jambi; dan Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi sebagai Pjs Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara). Penyerahan Keputusan Menteri Dalam Negeri Tentang Penunjukan Pejabat Sementara Gubernur itu digelar di Gedung Sasana Bhakti Praja kantor Kemendagri di Jakarta, Jumat (25/9/2020) siang.

Lalu, siapa Agus Fatoni yang dipilih Tito untuk mengendalikan pemerintahan di Sulut selama dua bulan lebih hingga 6 Desember 2020?

Dari beberapa referensi diungkapkan bahwa Fatoni sebelum menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Badan Litbang) Kemendagri, pria asal Kabupaten Waykanan, Lampung ini menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Karirnya diawali sebagai Ajudan Gubernur Lampung pada tahun 1995. Jabatan lain yang pernah dijabat adalah Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri, Plt. Sekretaris Fasilitasi Kerjasama, Sekretaris Korpri, Kepala Sekretaris Pribadi Mendagri, Kepala Bagian Protokol, Kepala Subdit Dana Bagi Hasil (DBH) Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan Ditjen Bina Keuangan Daerah, Kepala Seksi Otsus Papua, Papua Barat dan DIY.

Fatoni, demikian sering dipanggil, menikah dengan A. P. Widyaningtyas dan mempunyai 3 orang anak (2 putra dan 1 putri). Menyelesaikan S3 Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran (UNPAD) tahun 2009, S2 Imu Pemerintahan UNPAD tahun 2003, S1 Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) tahun 1999, sebelumnya menyelesaikan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 1994. Sementara pendidikan SMA, SMP, SD dan TK diselesaikan di Lampung.

Fatoni, yang pernah menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa IIP ini, sampai saat ini masih menjabat sebagai Wakil Direktur Eksekutif Forum Sekretaris Provinsi Seluruh Indonesia (Forsesdasi) dan Ketua Umum Forum Protokol Imdonesia (Forum Protokol Indonesia). Fatoni pernah menjadi Ketua Harian Dewan Pengurus Nasional Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPN-IKAPTK), dan saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Purna Praja Angkatan 03 (Pujangga) sejak tahun 2012.

Pria yang pernah mendapat predikat Mahasiswa Teladan IIP ini, merupakan lulusan terbaik Diklat Pimpinan Nasional Tingkat II tahun 2019 dan telah mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya X dan XX tahun dari Presiden Republik Indonesia.(red)