Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Jelang Lebaran, PLN Suluttenggo Pastikan Pasokan Listrik Terjamin

×

Jelang Lebaran, PLN Suluttenggo Pastikan Pasokan Listrik Terjamin

Sebarkan artikel ini
Apel kesiapan personil dan peralatan PLN Suluttenggo

MANADO – General Manager PLN Wilayah Suluttenggo, Leo Basuki memastikan PLN akan terus menjaga keandalan pasokan listrik kepada pelanggan para periode H-7 hingga H+7 perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Agar masyarakat tetap nyaman dan fokus beribadah dengan didukung pasokan listrik yang memadai, dan dapat menikmati hari raya dengan lancar, meriah dan penuh hikmat,” ujar Leo Basuki, usai mengikuti Apel Siaga Idul Fitri Tahun 2022, di Kantor PLN Suluttenggo, Rabu (20/04/2022) siang.

Untuk memastikan keandalan pasokan listrik tetap terjaga, menurut Basuki, pihaknya menyiapkan personil siaga sebanyak 417 orang untuk memantau proses penyaluran listrik, dan petugas pelayanan teknik (Yantek) 1.260 orang yang dibagi ke dalam dua tim.

“Petugas Yantek akan dibantu petugas mitra sebanyak 524 personil. Mereka dibutuhkan saat kejadian yang tidak bisa ditangani Yantek,” katanya menjelaskan.

Selain personil, tambah Basuki, PLN Suluttenggo juga menyiapkan 125 titik posko siaga, 105 armada mobil operasional, 60 unit gardu bergerak, 6 unit UPS, dan 50 unit genset. “Fokusnya ke daerah-daerah VVIP seperti masjid, kantor polisi dan TNI serta dinas-dinas yang terkait dengan perayaan Idul Fitri,” terangnya.

Saat ini, lanjut Basuki, cadangan daya memadai di sistem SulutGo dan Sulteng mencapai 270,7 Megawatt.

“Daya ini sangat cukup. Kami yakin pada periode H-7 hingga H+7 pasokan aman, sehingga masyarakat dapat merayakan lebaran dengan nyaman,” ungkapnya.

Basuki juga mengimbau kepada pelanggan untuk memanfaatkan aplikasi PLN Mobile jika mengalami gangguan kelistrikan saat perayaan Idul Fitri. Menurut dia, PLN Mobile memudahkan setiap pelanggan untuk mendapatkan akses langsung kepada PLN.

Basuki juga memastikan selama masa siaga PLN tidak melakukan pemeliharaan maupun pekerjaan konstruksi agar pasokan listrik ke masyarakat tidak mengalami gangguan.

“Kami bergerak atas orientasi kepada pelanggan. Yang paling penting setiap laporan dari masyarakat dan pelanggan akan langsung kami tangani,” tukas Basuki.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, apel siaga Idul Fitri PLN tahun 2022 ini digelar secara virtual. Para personil PLN mendengarkan arahan langsung dari Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.(red)