Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Olly Gagas Likupang North Sulawesi International Fishing Competition, 3 Menteri Langsung Dukung

×

Gubernur Olly Gagas Likupang North Sulawesi International Fishing Competition, 3 Menteri Langsung Dukung

Sebarkan artikel ini
Gubernur Olly didampingi James Sumendap, Rocky Wowor, dan Michael Umbas menemui Menko Luhut Panjaitan

JAKARTA – Gubernur Olly Dondokambey (OD) menggagas event perikanan internasional di Sulawesi Utara (Sulut). Bertajuk Likupang North Sulawesi International Fishing Competition itu memperebutkan Piala Presiden.

Event internasional yang akan dilaksanakan pekan kedua September 2022, di Likupang dan Manado itu merupakan komitmen dalam memajukan masyarakat dan provinsi tercinta. Yang menarik, agar event ini sukses serta berdampak pada kemajuan Sulut pasca pandemi khususnya, Gubernur Olly langsung melakukan lobi intens dengan sejumlah menteri terkait. Ini dilakukan antara Jumat (24/6/2022) dan Sabtu (25/6/2022) di akhir pekan ini.

Gubernur saat pertama kali memperkenalkan Likupang kepada Presiden Jokowi dan para menteri

Hasilnya? Sangat luar biasa! Tiga menteri langsung menyatakan dukungan penuh terhadap even tersebut Ketiga menteri itu adalah Menko Marves (Maritim dan Investasi) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono, dan Meneg BUMN Erick Tohir.

bersama Meneg BUMN Erick Thohir

Ketiganya oleh Gubernur ditemui secara terpisah di ruang kerja mereka masing-masing. Ketiga menteri saat ditemui pun langsung menyatakan antusiasme sekaligus mendukung penuh pelaksanaan kegiatan spektakuler ini

Gubernur sebelumnya telah menyampaikan surat untuk Menko Luhut melalui Menteri Kelautan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono terkait dukungan terhadap event pariwisata di Bumi Nyiur Melambai.

Menurut Olly Dondokambey dalam surat tersebut, pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terpukul pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir.

Aspek yang paling terlihat adalah turunnya jumlah wisatawan mancanegara ke berbagai destinasi wisata di Indonesia yang berakibat pula pada turunnya pendapatan negara.

Bersama Menteri KKP Wahyu Trenggono

Pemerintah melalui kementerian terkait berusaha untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dengan fokus kepada lima destinasi wisata prioritas, salah satunya adalah Likupang.

Gubernur berharap melalui Likupang North Sulawesi International Fishing Competition dapat membantu meningkatkan kunjungan pariwisata dan juga meningkatkan pendapatan daerah, hingga menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal.

Terlebih dengan keikutsertaan tidak kurang dari 500 peserta (pemancing) skala nasional dan internasional, seperti dari Singapura, Perancis, Jerman, Korea, serta Australia.

“Demi menyukseskan kegiatan tersebut, kami Pemerintah Sulawesi Utara memohon support dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam berbagai bentuk. Agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat memberikan dampak positif bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara serta Pemerintah Indonesia,” tulis Gubernur dalam surat tersebut.

Pantai Paal Likupang

Terungkap juga dalam surat kepada Menteri Luhut itu, Olly optimistis kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi Kementerian terkait untuk ikut bersinergi membantu mengembangkan pariwisata dan perekonomian di daerah.

Bahkan bisa juga sebagai sarana dalam menyampaikan dan melaksanakan program-programnya.

Erick Thohir, pada pertemuan dengan Gubernur Olly menyampaikan bahwa siap mendukung rencana lomba memancing Piala Presiden bertajuk ‘Likupang International Fishing Competition’.

Water sport yang sudah ada di wilayah KEK Likupang

Event yang dirangkaikan dengan Pesta Bahari Likupang yang rencananya dihelat September 2022 di Manado dan Likupang, Sulut merupakan event yang akan membawa kemajuan bagi sektor pariwisata.

“Kita pasti mendukung karena ini daya tarik yang kuat untuk marine tourism. Apalagi Sulut memang pariwisatanya sedang maju di bawah kepemimpinan Pak Olly,” ujar Menteri Erick.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana saat berada di Likupang

Hadir mendampingi roadshow Gubernur menemui ketiga menteri tersebut saat itu, yakni Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, Wakil Ketua Panitia yang juga Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor, dan Sekretaris Panitia Michael Umbas.(Adv DKIPS)