Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Pemkab Sitaro akan Terapkan Sistem Tanda Tangan Elektronik

×

Pemkab Sitaro akan Terapkan Sistem Tanda Tangan Elektronik

Sebarkan artikel ini

SITARO — Ragam inovasi terus ditunjukkan Pemerintah Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro), di Sulut.

Kali ini lewat penerapan tanda tangan elektronik.

Bupati Evangelian Sasingen, mengatakan penerapan tanda tangan elektronik merupakan salah satu upaya meningkatkan sistem pengamanan informasi dan data/dokumen digital.

“Juga untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam administrasi pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sitaro,” kata Sasingen.

Selain itu, dikatakannya bahwa penggunaan tanda tangan elektronik ini juga dapat memberikan jaminan terhadap keaslian identitas yang bersangkutan dan keutuhan konten data/dokumen.

“Dapat juga membuat administrasi pemerintahan menjadi lebih cepat serta lebih ramah lingkungan karena menghemat kertas,” sebutnya.

Karenanya, ia berharap inovasi ini bisa segera diterapkan sehingga pelayanan publik semakin simpel.

“Alur birokrasi jadi lebih pendek khususnya dalam hal penerbitan dokumen atau surat menyurat,” ujarnya.

Sekadar diketahui, penerapan tanda tangan elektronik telah disosialisasi dengan melibatkan Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Sitaro, Gandawari L. Mulalinda, S.IP, M.Si, para Camat, serta perwakilan dari setiap OPD dan Bagian.

Adapun yang bertindak sebagai narasumbe adalah dari Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia, Sathia Nusaputra, S.ST., M.T selaku Sandiman Muda dan Mahardika Bagus Aditya, S.Tr.Kom selaku Analis Sistem Informasi dan Jaringan. (gus)