Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Tinjau Likupang, Presiden Berharap Pariwisata Pulih Lebih Tinggi dari Prapandemi

×

Tinjau Likupang, Presiden Berharap Pariwisata Pulih Lebih Tinggi dari Prapandemi

Sebarkan artikel ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke kawasan pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Kamis (19/01/2023). Presiden didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Tampak pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda ikut mendampingi dalam kunjungan ke salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) di Indonesia ini.

Menurut Presiden, selama pandemi Covid-19 semua negara, semua tujuan wisata, semua destinasi wisata mengalami hal yang sama. Tetapi, recovery, pemulihan di Indonesia jauh lebih cepat. “Sekarang Bali sudah full wisatawan, meskipun belum seperti prapandemi, tetapi sudah lebih di atas 60-70 persen. Di tempat-tempat lain juga sama. Kita harapkan akan kembali secepatnya normal sehingga semua destinasi wisata kita bisa pulih kembali atau lebih meningkat dari sebelum pandemi,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan kawasan Likupang sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP) terus dipacu penyelesaiannya. Presiden mengatakan kawasan Likupang akan segera beroperasi di akhir tahun nanti.

“Ini sebuah kawasan yang menarik selain Bali, Labuan Bajo, dan lainnya. Kita harapkan ini segera selesai. Tadi disampaikan selesai pertengahan tahun, operasional mungkin akhir tahun ini,” ujar Presiden Jokowi.

Sekadar diketahui, Likupang sudah ditetapkan pemerintah sebagai Destinasi Super Prioritas bersama dengan Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, dan Borobudur. Presiden memastikan pembangunan infrastruktur di Likupang terus dikebut.

“Sehingga saya sampaikan infrastruktur yang ada di Sulawesi Utara, baik airportnya sudah dibenahi dan sekarang terminalnya siap menampung penumpang dalam jumlah yang besar. Kemudian dari airport menuju Likupang ini bisa lewat darat yang jalannya sebagian sudah diperbaiki dibanding sebelumnya sudah jauh mulus, plus nanti yang jalur lewat laut yang itu bisa mempercepat dari kota menuju ke sini kurang lebih 15-20 menit. Ini juga akan memberikan kecepatan, turun di airport lewat air bisa lebih cepat,” ujarnya.

Jokowi menambahkan, dengan infrastruktur yang lebih baik diharapkan Likupang akan lebih menarik buat menarik dana investor.

“Dan kita harapkan seperti Marriot, hotel bintang 5 ini,tidak hanya satu tapi yang lain-lain. Bintang 4, bintang 3, resort, semuanya ada di kawasan Likupang ini,” harapnya.

Jokowi optimis dengan potensi yang dimiliki Likupang, kawasan destinasi ini akan sanggup menarik wisatawan dari Eropa, Asia, Tiongkok, Jepang, dan Korea.

“Turis dari Tiongkok sudah mulai Februari dibuka lagi. Ada tiga atau empat pesawat yang akan kembali datang mulai awal Februari. Dan kini kan yang dari Singapura sudah. Saya kira ini akan normal kembali. Artinya, Sulawesi Utara didukung dari sisi pertanian, didukung pariwisata, itu akan sangat bagus. Kita berharap pariwisata pulih lebih cepat dibanding prapandemi,” jelasnya.(red/adv dkips)