Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Unsrat Raih Juara II Nasional Pengelolaan Pojok Statistik

×

Unsrat Raih Juara II Nasional Pengelolaan Pojok Statistik

Sebarkan artikel ini
Rektor Unsrat Prof Berty Sompie didampingi Kepala BPS Sulut Asim Saputra menerima piagam penghargaan dari Kepala BPS Pusat

JAKARTA – Unsrat meraih juara II Pengelolaan Pojok Statistik perguruan tinggi tahun 2022. Atas prestasi yang diraih ini Unsrat diganjar dengan penghargaan National Award 2022. Piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala BPS Pusat di Jakarta 30 Januari 2023, dan disaksikan oleh Menteri PAN RB A. Azwar Anas. Penyerahan dirangkaikan dengan acara Launching Reformasi Birokrasi 2023 dengan tema Kolaborasi Mewujudkan Indonesia Maju.

Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng mengatakan tidak gampang meraih penghargaan itu, karena Unsrat bersaing dengan 82 perguruan tinggi ternama. “Apalagi bisa meraih peringkat II. Itu luar biasa,” ujar Sompie didampingi oleh WR2 Dr. Ronny Maramis, SH, MH, dan WR4 Prof. Dr. Ir. Sangkertadi, DEA.

Penghargaan juga diberikan kepada BPS Sulawesi Utara, Mitra Unsrat dalam berkolaborasi, yang diterima oleh Kepala BPS Sulut Asim Saputra

“Universitas Sam Ratulangi sebagai lembaga pendidikan tinggi terbaik di wilayah Indonesia Timur senantiasa mengembangkan diri melalui kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain dengan Badan Pusat Statistik (BPS),” ujar dia.

BPS adalah lembaga negara yang memang memiliki tupoksi dalam mensensus, mengoleksi dan mengelola berbagai data untuk kepentingan akademik dan pembangunan, makanya Unsrat berkepentingan untuk bekerjasama dengan BPS dalam rangka pengembangan bidang Tridharma Perguruan Tinggi.

Sebagai salah satu juara, Rektor Unsrat Prof Berty diminta menyampaikan kata sambutan. Dalam sambutan itu Sompie  menyampaikan bahwa Pojok Statistik di Universitas Sam Ratulangi merupakan pusat pengelolaan data dan informasi statistik yang bersumber dari BPS. Fasilitas ini berdiri pada tahun 2022, segera setelah ditandatangai MoU dengan BPS Sulut pada tahun 2021.

Pojok Statistik Unsrat Dipimpin oleh Dr. Deiby Salaki, S.Si, M.Si dari FMIPA. Kata WR2 Ronny Maramis, setelah peresmian Pojok Statistik pada 5 Oktober 2022, tim yang dipimpin oleh Dr. Deiby Salaki langsung memilih sejumlah mahasiswa Unsrat untuk dinobatkan sebagai Duta Statistk dalam melayani proses pendataan, pengolahan data atau distribusi data bagi kalangan umum maupun pihak tertentu yang membutuhkan.

Berty Sompie berpesan pada jajarannya agar fasilitas Pojok Statistik bukan nantinya hanya sekadar dipelihara, namun juga harus terus dikembangkan melalui kerjasama yang lebih erat dengan BPS, dan selanjutnya Pojok Statistik UNSRAT juga harus berperan membantu pembangunan Provinsi Sulawesi Utara melalui pengolahan data data akurat yang dikelola.

“Kini para mahasiswa, dosen dan peneliti Unsrat dalam mencari data untuk pembelajaran maupun penelitian, tidak perlu jauh jauh pergi ke tempat lain, namun cukup datang ke Pojok Statistik atau mengakses melalui jaringan internet yang terhubung,” ungkap Prof Sangkertadi.(red)