Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Tertarik Investasi di Sulut, Dubes Polandia Kembali Temui Pemprov

×

Tertarik Investasi di Sulut, Dubes Polandia Kembali Temui Pemprov

Sebarkan artikel ini

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E Kandouw menerima kedatangan Dubes Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska, di Kantor Gubernur Sulut, Kamis (14/09/2023). Dalam kesempatan tersebut, Dubes Polandia membawa delegasi bisnis dari Polandia untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang Sulut.

Pada kesempatan itu, Kandouw pun mengapresiasi dan berterima kasih atas kedatangan delegasi bisnis Polandia di Sulut. Menurutnya Provinsi Sulut daerah paling aman dan harmoni di Indonesia.

Lebih lanjut Kandouw menjelaskan kedatangan delegasi dari Polandia adalah untuk menindaklanjuti perihal pertemuan dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey pada Maret 2023 lalu. Pada pertemuan Maret 2023 lalu, kedua pihak telah membahas mengenai kerja sama investor yang ingin melihat potensi di KEK Pariwisata Likupang.

“Delegasi Polandia juga membicarakan kerjasama terkait energi terbarukan yaitu Geothermal dan pengelolaan sampah Ilo-Ilo. Selain itu, juga dibahas terkait potensi perdagangan yang bisa dijalin kerja sama,” kata Kandouw.

Wagub juga mengatakan para investor dari Polandia juga melihat potensi kerja sama di sektor pendidikan dan kesehatan. Disebutkan juga bahwa  Polandia pun mendorong medical health tourism sektor sektor pariwisata agar turis Polandia bisa ke Sulut.

Selain itu, Dubes Polandia juga mengundang delegasi Sulut ke Polandia untuk melihat apa potensi kerja sama.

“Saya ke sini untuk follow up pertemuan dengan Pak Gubernur. Makanya kami datang dengan pejabat-pejabat teknis terkait perdagangan, investasi, pariwisata, dan lainnya. Tentu kami berharap ke depan akan ada hal positif yang didapatkan baik dari Polandia maupun Pemerintah Sulawesi Utara,” kata Beata Stoczynska.

Dalam kesempatan itu, dihadiri oleh President Badan Pembiayaan Ekspor Polandia – Kuke, Mr. Janusz Wladyczak, Kepala Kantor Perdagangan dan Investasi Polandia Mr Jacek Kolomyjec, Mr Cezary Filipek, Konsul Kehormatan Indonesia di Gdans’k Miroslaw Wawrowski, Political and economic Officer di Kedutaan Polandia di Jakarta Mr Slawomir Stozynski.

Sementara Wagub Kandouw didampingi Sekdaprov Steve Kepel, Asisten III Fransiscus Manumpil, dan Kadis Pariwisata Hendry Kaitjily.(adv/dkips)