Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Persiapkan Siswa Menuju Era Digital, Bupati Minahasa Rilis Token Pertama ANBK SD

×

Persiapkan Siswa Menuju Era Digital, Bupati Minahasa Rilis Token Pertama ANBK SD

Sebarkan artikel ini

MINAHASA – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program untuk mempersiapkan siswa menuju era digital. Pasalnya, program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, dan proses output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Komendong langsung melakukan pembukaan perilisan token pertama pelaksanaan ANBK tahun 2023 di SD GMIM Toliang Kecamatan Kakas Barat, Senin (23/10). Dikatakan Bupati, program ini juga akan menggantikan ujian nasional.

ANBK terdiri atas tiga instrumen yaitu asesmen kompetensi minimum (AKM), survey karekter, dan survey lingkungan belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika para siswa. Fungsi ANBK dirancang guna menghasilkan informasi yang akurat supaya dapat memperbaiki kualitas belajar dan mengajar. Sehingga, nantinya juga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Asesmen nasional bertujuan apa yang semestinya menjadi tujuan utama sekolah, yaitu pengembangan kompetensi dan karakter murid tersebut. Mutu satuan pendidikan atau sekolah yang dinilai dalam ANBK akan diukur menurut hasil belajar literasi, numerasi, dan karakter lalu kualitas proses belajar mengajar, juga iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Program ANBK akan meningkatkan kualitas siswa, serta mengukur sejauh mana kemampuan siswa. Siswa juga sudah dipersiapkan agar dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mereka tidak akan kaget dengan adanya program komputerisasi yang akan digunakan di era digital,” ujar Bupati Kumendong.(ADV)