Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Wali Kota Manado-BPPW Sulut Bahas Persiapan Pembangunan MBW Tahap 2

×

Wali Kota Manado-BPPW Sulut Bahas Persiapan Pembangunan MBW Tahap 2

Sebarkan artikel ini

MANADO – Pemerintah Kota Manado menaruh harapan besar pada Malalayang Beach Walk (MBW) dan Bunaken Village sebagai penyokong pariwisata. Proyek pengembangan obyek wisata yang dikerjakan Kementerian PUPR itu menguatkan Manado sebagai kota dengan wisata pantai.
Setelah ground breaking lanjutan pembangunan MBW dan Bunaken Village Tahap 2 pada 24 Oktober 2023 lalu, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Utara diundang diskusi oleh Wali Kota Manado Andrei Angouw di Ruang Kerja Wali kota, Rabu (8/11/2023). Turut hadir pengelola Malalayang Beach Walk (MBW) Stefanus Polii, Sekdakot Micler Lakat, dan Dirut PD Pasar Manado Lucky Senduk. Diskusi membahas kebermanfaatan fungsi ruang pada pekerjaan Penataan Kawasan MBW 2.
“Master Plan Kawasan serta fasilitas yang akan disediakan dilokasi MBW 2 ini ingin kami ketahui,” ungkap Angouw.
Seperti penjelasan Kepala BPPW Sulut Adji Krisbandono, fasilitas-fasilitas tersebut antara lain beberapa bangunan yang bertingkat, baik tingkat dua, tingkat tiga hingga tingkat empat.
“Posisi bangunan juga ingin kami lihat dan tanyakan secara spesifik. Makanya butuh  pembahasan bersama tim teknis BPPW,” ujar Angouw.
Fasilitas lainnya yang ikut dipertanyakan Wali Kota dan dibahas bersama adalah menara, restoran, kios-kios berbagai tipe baik tipe A maupun Tipe B, penyiapan fasilitas untuk UMKM serta toilet-toilet. Wali kota juga bertanya serta melihat secara detail dalam kaitan dengan fasilitas yang ada termasuk infrastruktur seperti tipe bangunan, pedestrian, posisi jalan dalam lokasi, posisi tangga, dan lain-lain.

Wali Kota menyalami Kepala BPPW Sulut

Wali kota juga ikut bertanya setelah melihat denah yang dipresentasikan pihak BPPW. Demikian juga soal listrik ikut dipertanyakan oleh Wali kota baik kapasitas maupun jalur-jalur listriknya. Hal lain yang ikut dibahas secara teknis adalah kondisi lokasi, bangunan, dan berbagai fasilitas ketika air pasang.
“Kami berharap agar estetikanya tetap diperhatikan dalam rangka pembangunan berbagai fasilitas yang ada di MBW 2 ini. Hal ini penting agar tempat ini menjadi favorit dikunjungi warga karena lokasinya sangat menyenangkan,” kata Wali Kota.
Sementara Adji Krisbandono mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Andrei Angouw karena telah diundang berdiskusi soal persiapan lanjutan pembangunan MBW 2. Dia mengatakan bahwa yang jadi obyek pertanyaan Wali Kota sebagian besar telah termaktub dalam detail teknis pelaksanaan.
“Terima kasih juga berbagai masukan yang disampaikan Pak Wali Kota serta pengelola MBW. Nantinya usulan akan disesuaikan dengan item-item pekerjaan di lapangan,” kata Adji yang didampingi Kasatker Pelaksanaan P3SU Prasetyo Budi Luhur.(red)