Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Buka Pertemuan Dewan Gereja Sedunia, Gubernur Olly Bersyukur Sulut Jadi Tuan Rumah

×

Buka Pertemuan Dewan Gereja Sedunia, Gubernur Olly Bersyukur Sulut Jadi Tuan Rumah

Sebarkan artikel ini

TONDANO – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey membuka pertemuan Dewan Gereja-gereja se-Dunia yang dipusatkan di Hotel Yama Tondano, Kabupaten Minahasa, Kamis (1/2/2024) lalu.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly menyampaikan rasa syukur serta apresiasi yang tinggi atas dipercayakannya Sulut sebagai tuan rumah hajatan gerejawi dunia tersebut.

“Ini tentu suatu kerhormatan. Jadi kita patut bersyukur dan sangat berterima kasih atas dipercayakannnya Sulawesi Utara menjadi tempat pertemuan para pendeta sedunia,” ungkapnya.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan selamat mengikuti seluruh kegiatan yang diagendakan,” sambungnya.

Dalam pembukaan kegiatan yang dirangkaikan dengan acara gala dinner itu, peserta dijamu dengan makanan khas dengan sumber daya Danau Tondano.

“Panitia sudah menyiapkan makanan-makanan khas Danau Tondano buat semua tamu-tamu baik dari luar daerah maupun luar negeri. Semoga bisa berkenan,” ujar Olly.

“Semoga para peserta bisa mendapatkan pelayanan yang baik dan dapat bersidang dengan baik dan lancar di tempat yang panitia telah siapkan oleh panitia. Sekali lagi selamat bersidang,” imbuhnya.

Opening Ceremonial Faith and Order Commission Meeting World Council of Churches (WCC), atau pembukaan ditandai dengan pemukulan tetengkoren oleh Gubernur Olly Dondokambey yang didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Gereja-Gereja Sedunia atau WCC, Rev Jerry Pillay, salah satu Presiden WCC Rev Dr Henriette Lebang, dan Ketua Umum PGI, Pdt Gomar Gultom.

Sebelumnya, Sekjen Dewan Gereja se-Dunia Jerry Pilay saat tiba di Sulut langsung dijamu makan malam oleh Gubernur Olly Dondokambey di kediamannya di Tondano, Kabupaten Minahasa.

“Selamat datang di Sulut. Pemprov serta masyarakat Sulut akan men-support dan mendoakan pelaksanaan Rapat Kerja Dewan Gereja Gereja se-Dunia berlangsung dengan lancar serta sukses,” ungkap Gubernur Olly Dondokambey yang juga Ketua Umum FK-PKB PGI.

Hadir bersama mereka yakni Henriette Lebang salah seorang Presiden WCC, Ketum PGI Pdt Gomar Gultom, serta Ketua Sinode GMIM Pdt Dr Hein Arina.

Kedatangan Sekjen WCC Jerry Pilay bersama rombongan untuk menghadiri pertemuan Komisi Faith dan Order dari Dewan Gereja-Gereja se-Dunia yang akan dilaksanakan di Hotel Yama Tondano pada 1-8 Februari 2024.

Adapum berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh panitia yang diketuai Penatua Rio Dondokambey untuk menyambut para peserta. Rio adalah juga Anggota Central Committee dari Dewan Gereja-Gereja se-Sedunia.

Sulawesi Utara dipercayakan sebagai tempat pelaksaaan kegiatan tersebut bukan tanpa sebab. Rekam jejak Sulawesi Utara di bawah komando Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, teramat baik. Sulut ditetapkan sebagai daerah yang paling toleran.

Hal ini dibuktikan lewat banyaknya penghargaan terkait toleransi yang diperoleh. Hingga kemudian menjadi indikator penting penilaian sebelum kemudian menetapkan Sulut sebagai tuan rumah penyelenggara.(adv/dkips)