Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300
KesehatanPemerintahanSulut

Ketua PKK Sulut: Perempuan Mainkan Peran Penting dalam Pencegahan Kanker

4449
×

Ketua PKK Sulut: Perempuan Mainkan Peran Penting dalam Pencegahan Kanker

Sebarkan artikel ini

MANADO – Hari Kanker Sedunia diperingati saban 4 Februari. Namun untuk Sulut baru digelar 6 Februari 2024, dalam agenda Sosialisasi Pencegahan Penyakit Kanker Pada Perempuan, di Hotel Aston Manado Ketua Tim Penggerak PKK Sulut, yang juga Ketua Yayasan Kanker Sulawesi Utara (Sulut), Ny Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan berkenan hadir.

Menurutnya, peringatan Hari Kanker tak lepas dari peran dan kepedulian kaum perempuan, khususnya di era modern sekarang ini.

“Tentu ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan deteksi dini dan pengobatan penyakit kanker di era modern saat ini. Melalui momentum Hari Kanker Sedunia tahun 2024 saya selaku Ketua YKI Sulut ingin membahas peran yang luar biasa dari kaum perempuan dalam upaya pencegahan kanker,” ucapnya.

Kaum perempuan, katanya, memainkan peran yang sangat penting dalam pencegahan kanker di era modern ini. Mereka tidak hanya merawat dan mendukung keluarga mereka tetapi juga berperan sebagai pelindung keluarga mereka sendiri. “Dalam hal ini pengetahuan kesadaran tentang kanker sangatlah penting untuk kita semua,” ujarnya.

Menurut Ny Rita, perempuan memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang-orang di sekitar, dengan memberikan contoh bagaimana harus bergaya hidup setiap hari, tentunya hidup yang sehat.

“Dalam era modern yang serba cepat ini kita sering terjebak dalam kebiasaan yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk, kurangnya aktifitas fisik setiap hari, dan paparan terhadap faktor risiko kanker, seperti merokok dan terpapar bahan kimia berbahaya. Namun kita juga memiliki kekuatan dengan mengubah kebiasaan tersebut, dengan mengadopsi pola makan sehat kaya akan buah buahan, sayuran dan serat serta menghindari paparan terhadap zat-zat berbahaya, kita dapat mengurangi risiko kanker bagi diri kita sendiri, sahabat dan keluarga kita masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, kata Ny Rita, penting untuk diingat bahwa kaum perempuan memiliki peran penting dalam mendukung serta mendorong pemeriksaan kanker secara rutin. Antara lain melakukan pemeriksaan yang tepat waktu sperti papsmear, mamografi dan tes kanker lainnya yang dapat membantu mendeteksi kanker secara dini, meningkatkan peluang kesembuhan serta mengurangi tingkat kematian akibat kanker.

“Dalam era modern ini, teknologi juga menjadi alat yang kuat dalam pencegahan kanker. Kita dapat menggunakan aplikasi kesehatan dan perangkat pintar untuk memantau pola makan dan aktivitas fisik dan mengatur jadwal pemeriksaan kesehatan secara efisien. Dengan adanya teknologi ini, kita dapat lebih mudah mengakses informasi tentang kanker dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat,” tukasnya.

Pada peringatan HKS ini, Ny Rita mengajak bersama-sama untuk menghargai dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya peran kaum perempuan dalam pencegahan kanker di era modern.

“Mari kita sama-sama menjadi pelindung kesehatan keluarga kita, kita mengadopsi gaya hidup sehat dan mngambil langkah langkah kesehatan yang tepat. Bersama-sama kita dapat berjuang melawan kanker dan menciptakan dunia yang lebih sehat,” ujarnya.

Turut hadir dalam peringatan Hari Kanker Sedunia, para dokter dengan bidang onkologi, penyintas kanker dan anak-anak pengidap kanker dari Estella RSUP Kandouw, pengurus TP PKK Sulut, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) se-Sulut.(adv/dkips)