Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Satgas Bencana Gunung Ruang Kirim Bantuan Tahap III ke Tagulandang Hari Ini

×

Satgas Bencana Gunung Ruang Kirim Bantuan Tahap III ke Tagulandang Hari Ini

Sebarkan artikel ini

MANADO – Tim satuan tugas bencana Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, yang dikoordinir Pemprov Sulut, Kodam XIII Merdeka dan Polda Sulut terus mengoptimalkan penanganan. Salah satunya dengan mengirimkan bantuan secara berkelanjutan ke Tagulandang, Kabupaten Sitaro.
Senin (22/04/2024) siang, bantuan untuk warga terdampak terus berdatangan di Posko Bencana Gunung Ruang, Kantor Gubernur Sulut.
Kepala BPBD Provinsi Sulut, Adolf Tamengkel, mengatakan bantuan tahap I dan 2 telah disalurkan. Dan tahap 3 akan disalurkan hari ini.
“Bantuan pertama sudah disalurkan pas terjadi kejadian, bantuan tahap 2 juga sudah, dan bantuan tahap 3 rencananya akan dikirim dengan KM Lokong Banua siang ini jam 2 atau jam 3 langsung ke Tagulandang,” kata Tamengkel di Posko Bantuan Kantor Gubernur.
“Bantuan yang dikirim terdiri dari 30 macam. Kurang lebih 12 ribu unit. Ada juga bantuan dari BNPB RI. Dapur umum tersedia di Posko Induk Tagulandang,” tambah Tamengkel.
Dia mengungkapkan kondisi Gunung Ruang sudah berangsur membaik. Dan saat ini status Gunung Ruang telah turun dari level IV (awas) ke level III (siaga).
“Tiga jalur listrik sudah berfungsi maksimal, begitupun dengan air sudah tersedia,” tukasnya.
Dia mengatakan tanggap darurat bencana ditetapkan sejak 16 April 2024, dan berlangsung selama 14 hari.
“Kalau masih ada erupsi, bisa saja diperpanjang,” tandasnya.(red)