Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Gubernur Olly: RPJPD 2025-2045 Sebagai Jalan Menuju Sulawesi Utara Emas 2045

×

Gubernur Olly: RPJPD 2025-2045 Sebagai Jalan Menuju Sulawesi Utara Emas 2045

Sebarkan artikel ini

MINUT – Pemerintah Provinsi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara tahun 2025, Rabu (24/04/2024) di Hotel Sentra. Agenda ini dibuka Gubernur Sulawesi Utara, Prof DR (HC) Olly Dondokambey SE yang dihadiri jajaran Forkopimda dan stakeholder terkait.
Menariknya Gubernur Olly mengkaitkan Musrembang ini dengan pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Gubernur Olly dalam sambutannya mengatakan arah kebijakan dan sasaran RPJPD dan RKPD akan menjadi acuan kepala daerah dalam menyusun visi misi ke depan.
“Kita ketahui bersama di tahun 2024 ini akan memasuki pesta demokrasi untuk memilih pemimpin daerah. Tentunya RPJPD ini akan sangat bermanfaat bagi calon-calon yang akan berkontestasi dalam pesta demokrasi ke depan, karena ini menjadi acuan visi misi calon kepala daerah ke depan,” tukasnya.
Menurut Gubernur, pembangunan Sulawesi Utara jangka panjang harus menggunakan paradigma baru yakni melakukan transformasi secara menyeluruh dalam mendorong pencapaian visi Sulawesi Utara Emas 2045.
“Dan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik yang mandiri maju dan berkelanjutan,” imbuhnya.
Terlebih saat ini Sulawesi Utara di bawah kepemimpinan OD-SK telah membuat terobosan, anmtara lain dibukanya direct call atau pelayaran langsung dari China ke Pelabuhan Bitung yang menopang ekspor dan impor. Selain itu penerbangan internasional ke beberapa negara secara langsung lewat Bandara Sam Ratulangi.
“Saya kira kelanjutan dari program ini mari sama sama kita topang untuk mendorong agar lebih maju, sehingga klaster ekonomi baru wilayah timur bisa terbangun dari Provinsi Sulawesi Utara,” harap Dondokambey.
Lebih lanjut Olly mengapresiasi dukungan semua pihak sehingga ekonomi Sulawesi Utara terus berjalan dengan baik bahkan atas rata-rata nasional. Begitupun inflasi mampu dijaga.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut, Elvira Katuuk ST ME dalam laporannya mengungkapkan Musrenbang RPJPD dan RKPD Provinsi Sulawesi Utara ini wujud nyata dari kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey yang visioner.
“Kegiatan ini untuk menyusun visi misi 20 tahun ke depan Sulawesi Utara akan seperti apa. Strategi dan langkah apa untuk mencapai Sulawesi Utara emas tahun 2045,” ungkapnya.
“RPJPD ini akan menjadi pedoman visi misi kepala daerah di empat periode kedepan,” pungkas Katuuk.(red)