Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300
ManadoPendidikanSulut

Terpilih 3 Calon Rektor Unsrat

1317
×

Terpilih 3 Calon Rektor Unsrat

Sebarkan artikel ini

MANADO – Tahapan penyaringan bakal calon Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) telah menghasilkan tiga nama calon. Ketiganya terpilih dalam rapat senat yang dihadiri 72 anggota Senat Unsrat, Rabu (20/04/2022)

Humas Unsrat Drs Max Rembang menjelaskan dalam pemilihan putaran pertama yang dipimpin Ketua Senat Unsrat, Prof Dr Paulus Kindangen, MA, perolehan suara bakal calon adalah:

1.Prof Dr Vannetia R Danes MS P.Hd -6 suara

2. Dr Flora Priscilla Kalalo, SH MH -11 suara

3. Ir Deddy Tooy, M.Si P.Hd -29 suara

4.Prof Dr Ir Fabian J Manoppo M.Agr -13 suara

  1. Prof Dr dr Grace D Kandou M.Kes -1 suara

6. Prof Dr Ir Grevo S Gerung M.Sc -11 suara

Maka, Max melanjutkan, masih dilanjutkan ke putaran 2 karena Flora Kalalo dan Grevo Gerung memperoleh suara sama banyak: 11 suara. Sementara Deddy Tooy meraih peringkat pertama disusul Prof Fabian Manoppo di urutan kedua.

“Harus dilakukan pemilihan putaran kedua untuk menentukan peringkat tiga,” kata Max Rembang kepada wartawan.

Namun, kata Max, Dr Flora Kalalo tidak menyetujui dilakukannya pemilihan putaran kedua dan melakukan ‘walk out’.

“Hal serupa juga dilakukan 2 anggota senat, Prof Dr Ir Martin D Sumajouw M.Eng dan Prof Dr Ir Odi R Pinontoan MS,” beber Max.

Kata Max, meski ada protes dari salah satu bakal calon, namun pemilihan putaran kedua tetap dilaksanakan dengan hasil Dr Flora Kalalo meraih 21 suara dan Prof Grevo Gerung mendapat 47 suara.

Maka Ir Deddy Tooy, Prof Fabian Manoppo dan Prof Grevo Gerung akan disampaikan ke Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk mengikuti tahapan pemilihan calon rektor Unsrat periode 2022-2026,” ujarnya.(red)