Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Rawan Hack, Apple Keluarkan Peringatan untuk Update iPhone iOS 16.3.1

×

Rawan Hack, Apple Keluarkan Peringatan untuk Update iPhone iOS 16.3.1

Sebarkan artikel ini

BAGI Anda pengguna iPhone, sebaiknya mengikuti perkembangan terbaru dari Apple.

Ya, Apple telah mengeluarkan peringatan kepada pengguna – perbarui iPhone Anda dengan iOS terbaru sekarang.

Raksasa teknologi itu mengeluarkan iOS 16.3.1 untuk memperbaiki dua kelemahan keamanan, salah satunya mungkin telah dieksploitasi secara aktif.

Salah satu masalahnya ada di Webkit, mesin browser Safari yang memungkinkan aktor jahat mengeksekusi kode arbitrer di iPhone dan Apple yakin hal itu telah dilakukan.

Cacat keamanan kedua di Kernel dapat memungkinkan penyerang mengambil alih hak istimewa, tetapi raksasa teknologi itu tidak menyadari bahwa ini telah digunakan.

Sistem operasi yang diperbarui hanya tersedia untuk iPhone 8 dan model yang lebih baru.

Catatan rilis Apple menunjukkan bahwa pembaruan iOS 16.3.1 mencakup beberapa perbaikan bug, mengatasi masalah dengan iCloud dan Siri, bersama dengan pengoptimalan deteksi kecelakaan lainnya.

Cacat yang ditemukan di Webkit terdeteksi oleh peneliti anonim dan jika Kernel ditemukan oleh Xinru Chi dari Pangu Lab dan Ned Williamson dari Google Project Zero.

Apple juga mencatat bahwa Lab Warga di Sekolah Munk Universitas Toronto juga membantu menemukan masalah keamanan ini.

Tidak jelas berapa lama kerentanan telah mengganggu perangkat, karena Apple mengatakan ‘tidak mengungkapkan, mendiskusikan, atau mengkonfirmasi masalah keamanan sampai penyelidikan telah dilakukan dan tambalan atau rilis tersedia.’

Rilis awal iOS 16.3 adalah pada bulan Juni, yang memungkinkan pengguna menelepon secara diam-diam dengan Darurat SOS dan memberikan peningkatan keamanan dua faktor dan perlindungan data tingkat lanjut.

Layanan SOS Darurat Apple ditingkatkan untuk melakukan panggilan secara diam-diam jika Anda mengaktifkan fungsi melalui opsi penggeser (berguna dalam situasi di mana penyerang mungkin ada).

Ini adalah opsi yang Anda aktifkan sehingga saat Anda melakukan panggilan SOS melalui layanan SOS Darurat, ponsel tidak akan berkedip atau menghitung mundur.

Layanan SOS Darurat juga telah di-tweak untuk mengurangi kemungkinan memicunya secara tidak sengaja.

Keamanan dua faktor yang ditingkatkan memungkinkan pengguna mengamankan ID Apple dan akun iCloud mereka dengan kunci Keamanan – perangkat fisik yang berfungsi sebagai lapisan kedua otentikasi dua faktor.

Alih-alih mendapatkan kode dari perangkat Apple lain yang masuk, Anda membuatnya dengan kunci keamanan.

Dan perlindungan data lanjutan memungkinkan enkripsi menyeluruh untuk data di iCloud, termasuk Pesan, cadangan perangkat dan foto.

Untuk menginstal iOS baru, pengguna dapat membuka Aplikasi Pengaturan, klik ‘Umum’, lalu ‘Pembaruan Perangkat Lunak’.

Lalu ketuk ‘Instal’ jika pembaruan iOS 16.3.1 tersedia untuk diunduh, dan Anda akan dipandu melalui langkah-langkah untuk memverifikasi keputusan dan mem-boot ulang perangkat.

Pembaruan juga dapat diinstal melalui komputer Mac atau Windows dengan iTunes.

Sebaiknya cadangkan iPhone sebelum menginstal iOS 16 untuk memastikan semua data aman di iCloud jika terjadi kesalahan saat memperbarui.

Ini dapat dilakukan dengan masuk ke aplikasi Pengaturan, mengeklik nama pemilik perangkat di bagian atas menu, lalu mengeklik ‘iCloud’ dan ‘iCloud Backup.’

Saat ‘Cadangan iCloud’ diaktifkan, mengetuk ‘Cadangkan Sekarang’ akan memandu Anda melalui proses pencadangan dan memungkinkan Anda memulihkan data perangkat ke tanggal berikutnya. (red)