Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Rektor: Unsrat – Pemprov Sulut Akan Kolaborasi Budayakan Hidup Bersih

×

Rektor: Unsrat – Pemprov Sulut Akan Kolaborasi Budayakan Hidup Bersih

Sebarkan artikel ini
Rektor Prof Berty Sompie (kanan) bersama Gubernur Olly sesaat tiba di Tokyo

TOKYO – Rektor Unsrat Prof Dr Berty Sompie, MENg menjadi salah satu anggota rombongan Pemprov Sulut dalam penerbangan perdana langsung Manado-Narita (Jepang).

Prof Berty Sompie mengaku sudah lumayan paham dengan perilaku orang Jepang karena dia pernah menimba ilmu  di negeri Sakura ini.

“Orang Jepang terkenal dengan budaya bersihnya, sehingga negeri ini terlihat sangat bersih,” ujar peraih Magister Geotechnical Engineering dari  Department Architecture and Civil Engineering, Fukui University, Jepang ini.

Rektor Berty mengaku akan mengaplikasikan apa yang disampaikan Gubernur Olly bahwa Jepang terkenal dengan kebersihannya.

“Selaku Rektor maka kami pun siap menunjang program Gubernur dengan mengajarkan kepada mahasiswa Unsrat tentang budaya bersih. Kalau lingkungan bersih maka mahasiswa bersama dosen pun sehat dalam aktivitas di kampus,” ujar Kepala Laboratorium Teknik Lingkungan Fatek Unsrat ini.

“Unsrat bisa berkolaborasi dengan Pemprov Sulut dalam menunjang pariwisata. Kami membudayakan mahasiswa untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kalau boleh sampahnya dibawa pulang, dan harus dibuang di tong sampah,” ujarnya.

Seperti di Jepang, katanya, jarang ditemukan tong-tong sampah di tempat umum. Karena tempat sampah ada di masing-masing rumah.

“Makanya, orang Jepang selalu membawa sampahnya ke rumah, dan didaur ulang sendiri di rumah,” ungkap Sompie.(red)