Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

KPK dan Itjen Kemendikbud Harapkan Tak Ada Calo Dalam Penerimaan Mahasiswa di Unsrat

×

KPK dan Itjen Kemendikbud Harapkan Tak Ada Calo Dalam Penerimaan Mahasiswa di Unsrat

Sebarkan artikel ini

MANADO – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menerima kunjungan Tim KPK RI dan Inspektorat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Senin (13/3/2023).

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU didampingi sejumlah pejabat di antaranya Wakil Rektor, Karo, Dekan Fakultas Kedokteran, Dekan Fakultas Teknik, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta UPT TIK menyambut kedatangan Tim KPK RI dan Inspektorat Kemendikbudristek di ruang rapat rektor.

Adapun kedatangan Tim KPK Bidang Monitoring dan Evaluasi (Monev) serta Tim Inspektorat Kemendikbudristek adalah untuk memantau langsung proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023.

“Terima kasih atas kunjungan kedua tim di Unsrat dan saya sangat mendukung tugas Monev (Monitoring dan Evaluasi) tersebut, khususnya untuk proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023,” ungkap Prof Berty Sompie.

Diakuinya, sekitar tahun 2017 dan 2018 ada sekitar 4 orang pegawai Unsrat yang akhirnya harus mendapat sanksi yang berat, yakni pemecatan karena kedapatan jadi ‘calo’ penerimaan mahasiswa baru.

“Pastinya, pemecatan tersebut bukti komitmen Unsrat agar penerimaan mahasiswa secara obyektif dan transparan,” tukasnya.

Sementara Koordinator Tim Monev KPK, Syahdu Winda menyebut bahwa selama sepekan ke depan, selain Monev penerimaan mahasiswa baru tahun sebelumnya, fokus pihaknya juga untuk meminta masukan perbaikan regulasi penerimaan mahasiswa baru ke depan secara obyektif dan transparan.

Di pihak lainnya, Koordinator Tim inspektorat, Ridwan mengharapkan agar ke depan tidak ada lagi “oknum orang dalam” yang coba-coba menjadi ‘calo’.(red)