Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Dapatkan 2.319 Dukungan, Putri Pangemanan Resmi Jadi Bakal Calon DPD-RI

×

Dapatkan 2.319 Dukungan, Putri Pangemanan Resmi Jadi Bakal Calon DPD-RI

Sebarkan artikel ini

MANADO—Putri Rejeki Kasad Pangemanan MHKn akhirnya resmi menjadi bakal calon DPD-RI. Srikandi asal Bolmong ini lolos berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut dalam rapat pleno verifikasi factual tahap dua di Kantor KPU Sulut, Rabu (26/04) malam.

Rapat yang dipimpin Koordinator Divisi Teknis KPU Sulut Salman Saelangi dan dihadiri Ketua KPU Sulut Meidy Tinangon, Anggota KPU Lanny Ointoe dan Amrain Razak secara daring menetapkan Putri Kasad lolos menjadi bakal calon setelah meraih syarat dukungan sebanyak 2319. Masih di atas persyaratan dukungan minimal 2000. “Setelah verifikasi faktual di 12 kabupaten dan kota di Sulut, Putri Rejeki Kasad dinyatakan memenuhi syarat untuk ke tahap berikutnya sebagai bakal calon anggota DPD RI Pemilu 2024,”kata Saelangi saat membaca putusan rapat pleno Rabu malam.

Sedangkan Pihak Bawaslu Sulut menyatakan putusan KPU Sulut sah, tidak ada sanggahan. “Hasil plenonya seperti itu,” ujar Ketua Bawaslu Sulut Dr Ardiles Mewoh.

Putri yang dikenal notaris dengan jaringan nasional sempat terseok seok. Di verifikasi tahap pertama, perempuan low profile ini belum dinyatakan memenuhi syarat dukungan minimal. Lantaran jumlah dukungan yang memenuhi syarat di bawah 2000, atau sebanyak 1516. Alumni Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) ini diberi kesempatan memperbaiki dukungan administrasi. Tim LO Putri sukses memeroleh dukungan tambahan sekira 900. Namun di injuri time, data pendukung tidak semua terupload di aplikasi Silon KPU Sulut. Putri dan tim kuasa hukum ajukan gugatan ke Bawaslu Sulut. Di tahap ajudikasi (sengketa hukum) Bawaslu Sulut memberi rekomendasi supaya Putri diberi kesempatan kedua untuk tahap verfak terakhir atau kedua. “Alhamdulillah untuk pleno malam ini, saya diberikan status penuhi syarat dan bisa lanjut untuk proses pencalonan bakal calon anggota DPD dapil Sulut,”tutur Yuyu sapaan kesayangannya  via video call.

Wanita berdarah campuran Minahasa Utara mengakui berkat kerja keras tim dan pendukung, semua persyaratan dukungan bisa dipenuhi. Para tim tidak kenal Lelah meski di saat suasana libur lebaran. “Terima kasih kepada tim yang telah bekerja all out juga konstituen saya Kita terus lakukan langkah konsolidasi untuk perbaikan,”katanya.

Wanita berparas cantik ini mengakui tidak mau dianggap sekadar pelengkap di pertarungan DPD RI. Kelihatan Putri sangat serius untuk meraih dukungan maksimal. Dia pun mengapresiasi dua balon asal Bolmong raya. Mengajak semua bersaing secara sehat. “Insya Allah, mohon ridha Allah saya target menang. Saya apresiasi rekan rekan balon dari Bolmong Adiya Moha dan Bu Cheries dan bisa bersaing secara sehat. Saya all out untuk dapatkan poin dari masyarakat Sulut dan terutama Bolmong,” kata kerabat Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang dari pihak ibu.(syl)