Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Walikota Tatong Pimpin Upacara Peringatan Hari Kenegaraan

×

Walikota Tatong Pimpin Upacara Peringatan Hari Kenegaraan

Sebarkan artikel ini

KOTAMOBAGU—Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, memimpin peringatan Hari Pendidikan Nasional dirangkaikan peringatan Hari Kartini dan Otonomi Daerah (Otda) ke-XXVII tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Aruman Motoboi Kecil, Selasa (2/5) siang, dihadiri unsur Forkopimda, Sekda, para Asisten, pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Sangadi serta Kepsek dan seluruh ASN di lingkungan Pemkot Kotamobagu.

Dalam kesempatan ini, Tatong Bara membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Ditemui usai upacara Tatong mengatakan, peringatan Hardiknas tahun 2023 diharapkan dapat menjadi momentum perubahan dunia pendidikan ke arah yang lebih baik. “Sebagaimana sambutan Mendikbudristek pada peringatan Hardiknas tahun ini, sistem pendidikan nasional sudah berubah sejak 3 tahun terakhir yakni merdeka belajar dan mengajar. Hal ini tentu menjadi tantangan kita ke depan, saya yakin  kapasitas dan kemampuan tenaga pendidik di Kotamobagu akan dapat mengikuti perubahan ini dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang diharapkan bangsa ini yaitu masyarakat yang terdidik dan insan-insan yang terbaik akan lahir di daerah ini,” harapnya.

Adapun peringatan Otda ke 27 tahun, Tatong juga berharap dapat membentuk kemandirian daerah bagi Kota Kotamobagu. “Kemandirian diharapkan terus muncul dengan otonomi daerah dan saya berharap semua kita termasuk komponen masyarakat dan pelaksana pemerintah akan terus memacu diri agar dapat meningkatkan kemampuan daerah untuk lebih mandiri dan siap menerima tantangan ke depan,” tutur Tatong.

Sedangkan dengan peringatan Hari Kartini, Tatong pun menilai penuh makna yang diartikan emansipasi dengan lahirnya kader perempuan yang ada di berbagai bidang termasuk di Kotamobagu. “Hal ini tentu menjadi pemicu semangat perempuan di daerah ini untuk terus berkarya dan berperan di semua bidang, sehingga kemampuan perempuan setara dengan para kaum pria,” ujarnya. “Peringatan tiga momentum hari besar ini juga merupakan energi baik bagi pemerintah daerah untuk terus melakukan berbagai kemampuan dalam menentukan arah daerah kedepannya,” kuncinya. (adv)