Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Pemkab Sitaro Gelar Rapat Persiapan Adat Tulude dan Muliku Wanua 2024

×

Pemkab Sitaro Gelar Rapat Persiapan Adat Tulude dan Muliku Wanua 2024

Sebarkan artikel ini

SIAU – Asisten Administrasi Umum Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Semuel E Raule, yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pemangku Adat Daerah (MPAD), memimpin rapat persiapan untuk Gelar Adat Tulude dan Muliku Wanua tahun 2024.

Rapat ini merupakan bagian dari persiapan menyambut acara adat tahunan yang memiliki makna dan nilai kebudayaan yang tinggi bagi masyarakat Sitaro.

Dalam rapat tersebut, Semuel E Raule didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sitaro, Dolly Polimpung dan peserta rapat membahas berbagai persiapan yang perlu dilakukan untuk memastikan kesuksesan acara adat tersebut.

Berbagai aspek yang dibahas meliputi penyiapan lokasi, koordinasi antarinstansi terkait, logistik, keamanan, dan berbagai hal teknis lainnya yang diperlukan untuk kelancaran acara. Selain itu, juga dibahas upaya untuk mempromosikan dan melestarikan budaya adat Sitaro melalui acara ini.

Semuel E Raule menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan tradisi adat sebagai bagian dari identitas dan kebudayaan masyarakat Sitaro.

“Muliku Wanua dilaksanakan di Tagulandang dan Tulude dipusatkan di Siau lokasi di Kompleks Kantor Bupati Sitaro,” jelas Raule.

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk tokoh adat, pemuda, dan masyarakat umum, untuk turut berpartisipasi aktif dalam acara tersebut guna memperkuat dan memperkaya warisan budaya lokal.

“Gelar Adat Tulude dan Muliku Wanua tahun 2024 diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkokoh rasa kebersamaan dan kebanggaan akan budaya adat Sitaro, serta sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi di antara seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro,” kata Raule, berharap.(red/stg)