Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

BI Sulut Segarkan Kapasitas Puluhan Wartawan Ekonomi

×

BI Sulut Segarkan Kapasitas Puluhan Wartawan Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Andry Prasmuko (tengah) bersama Syachman Perdymer (kanan)

MANADO – Puluhan wartawan desk ekonomi di Sulawesi Utara (Sulut) mendapat penyegaran tentang kebijakan moneter dan kondisi ekonomi oleh Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis-Jumat (22-23/2/2024) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut.
Dalam pelatihan yang bertajuk Kick Off Festival Jurnalistik dan Refreshment Wartawan 2024 ini, ada sejumlah sesi yang akan diikuti para awak media. Di antaranya, sesi mengenai Kebanksentralan, selanjutnya sesi kedua terkait Media sebagai Corong Publikasi Kebijakan BI.
Di hari kedua, para media belajar tentang Kebijakan Moneter Terkini, Kebijakan Makroprudensial Terkini dan terakhir Kebijakan Sistem Pembayaran Terkini (sesuai BSPI).
Di pembukaan kegiatan Kepala BI Sulut Andry Prasmuko memaparkan kondisi ekonomi Sulawesi Utara sepanjang 2023 dan yang akan dilakukan pada 2024 ini.
Prasmuko mengatakan kegiatan ini bagian dari kewajiban BI Sulut secara periodik menyampaikan perkembangan perekonomian terakhir. Prasmuko menambahkan kegiatan ini menjadi penyegaran media media karena merupakan mitra strategis BI dalam edukasi berbagai kebijakan BI untuk dipublikasikan ke semua kalangan.
“Kami memandang penting membangun dan menjaga keselarasan media. Segala kebijakan dan aktivitas terkini yang dilakukan BI harus tersampaikan dengan benar ke publik,” kata dia.
Adapun pada kegiatan itu juga dilakukan sharing pengalaman dalam penulisan jurnalistik, khususnya liputan ekonomi oleh Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho.
Wisnu memaparkan tantangan pekerja jurnalistik di tengah serangan aktivitas media sosial. Apa dan bagaimana mengantisipasi agar media arus utama tidak terpinggirkan, diulas lugas dan lengkap oleh Wisnu.
Selanjutynya di sesi 2, Kepala Divisi Relasi Media Massa dan Opinion Maker, Departemen Komunikasi BI Pusat, Syachman Perdymer menjelaskan soal Kebanksentralan dan dilanjutkan dengan materi Media sebagai Corong Publikasi Kebijakan BI.(red)