Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300
Berita

Populasi China Menyusut, India Potensi Menjadi Negara Penduduk Terbesar di Dunia April 2023

26
×

Populasi China Menyusut, India Potensi Menjadi Negara Penduduk Terbesar di Dunia April 2023

Sebarkan artikel ini

CHINA menjadi negara terbesar di dunia dalam beberapa dekade terakhir. Namun posisi China sebagai negara terpadat di dunia dipredikisi akan tersalip oleh India pada April 2023.

Pasalnya, populasi China tahun lalu mengalami penyusutan untuk pertama kalinya dalam lebih dari enam dekade, sesuai data resmi pada Selasa (17/1/2023). Ya, China menghadapi krisis demografi yang menjulang.

Sebuah laporan PBB (data tentang India dalam foto) memperkirakan minggu lalu, bahwa populasi India akan menyusul Cina pada 14 April untuk menjadi yang terbesar di dunia.

Penghitungan NBS terbaru hanya mencakup populasi China daratan, tidak termasuk Hong Kong dan Makau serta penduduk asing.

Laki-laki melebihi jumlah perempuan sebesar 722,06 juta menjadi 689,69 juta, akibat dari kebijakan ketat satu anak yang baru secara resmi berakhir pada tahun 2016.

Dan preferensi tradisional untuk keturunan laki-laki untuk meneruskan nama keluarga.

Tingkat kelahiran saat ini di China adalah 1,2, jauh di bawah tingkat untuk mempertahankan populasi yang berkelanjutan. India memiliki tingkat yang lebih tinggi dan populasi yang lebih muda.

Akibatnya, populasi China bisa menurun setiap tahun rata-rata 1,1 persen, menurut sebuah studi oleh Akademi Ilmu Sosial Shanghai yang diperbarui tahun lalu.

China mungkin hanya memiliki 587 juta penduduk pada tahun 2100, kurang dari separuh hari ini, menurut proyeksi paling pesimistis dari tim ahli demografi tersebut.

Terakhir kali populasi China menurun adalah pada awal 1960-an, ketika negara itu berjuang melawan kelaparan terburuk dalam sejarah modernnya, sebagai akibat dari kebijakan pertanian Mao Zedong yang dikenal sebagai Lompatan Besar ke Depan – dorongan bencana untuk pertanian kolektif dan industrialisasi yang membunuh puluhan juta orang.

China mengakhiri kebijakan satu anak yang ketat – diberlakukan pada 1980-an karena kekhawatiran kelebihan populasi – pada 2016 dan mulai mengizinkan pasangan memiliki tiga anak pada 2021.

Tapi itu gagal membalikkan penurunan demografis untuk negara yang telah lama mengandalkan tenaga kerjanya yang besar sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

“Populasi kemungkinan akan cenderung turun dari sini di tahun-tahun mendatang,” kata Zhiwei Zhang dari Pinpoint Asset Management seperti dilansir dari Daily Mail, Selasa (17/1/2023).

“China tidak dapat mengandalkan bonus demografi sebagai pendorong struktural untuk pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

“Pertumbuhan ekonomi harus lebih bergantung pada pertumbuhan produktivitas, yang didorong oleh kebijakan pemerintah.”

Biro statistik China mengatakan populasi usia kerja antara 16 dan 59 tahun mencapai 875,56 juta, terhitung 62,0% dari populasi nasional, sedangkan mereka yang berusia 65 tahun ke atas berjumlah 209,78 juta, terhitung 14,9% dari total.

Statistik juga menunjukkan peningkatan urbanisasi di negara yang secara tradisional sebagian besar adalah pedesaan.

Selama tahun 2022, populasi permanen perkotaan meningkat sebesar 6,46 juta hingga mencapai 920,71 juta, atau 65,22%, sedangkan populasi pedesaan turun sebesar 7,31 juta.

Tidak secara jelas apakah angka populasi telah terpengaruh oleh wabah COVID-19 yang pertama kali terdeteksi di kota Wuhan di China tengah sebelum menyebar ke seluruh dunia.

China telah dituduh oleh beberapa spesialis atas kematian akibat virus yang tidak dilaporkan dengan menyalahkan mereka pada kondisi yang mendasarinya, tetapi tidak ada perkiraan jumlah sebenarnya yang dipublikasikan.

Populasi China mulai menurun 9-10 tahun lebih awal dari perkiraan pejabat China dan proyeksi PBB, kata Yi Fuxian, seorang ahli demografi dan pakar tren populasi China di University of Wisconsin-Madison.

Itu berarti bahwa ‘krisis demografis nyata China berada di luar imajinasi dan bahwa semua kebijakan ekonomi, sosial, pertahanan, dan luar negeri China di masa lalu didasarkan pada data demografis yang salah,’ kata Yi kepada The Associated Press.

Negara berpenduduk 1,4 miliar ini telah melihat tingkat kelahiran turun ke rekor terendah seiring bertambahnya usia tenaga kerjanya. Dalam penurunan cepat yang menurut para analis dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dan menumpuk tekanan pada pundi-pundi publik yang tegang.

Populasi Cina daratan mencapai sekitar 1.411.750.000 pada akhir tahun 2022, Biro Statistik Nasional (NBS) Beijing melaporkan, penurunan 850.000 dari akhir tahun sebelumnya. Jumlah kelahiran adalah 9,56 juta, kata NBS, sementara jumlah kematian mencapai 10,41 juta.

Berita itu muncul setelah sebuah laporan PBB memperkirakan pekan lalu bahwa populasi India akan menyusul Cina pada 14 April untuk menjadi yang terbesar di dunia. Sementara proyeksi memperingatkan bahwa negara itu dapat melihat setengah populasinya pada tahun 2100.

China mengakhiri kebijakan satu anak yang ketat – diberlakukan pada 1980-an karena kekhawatiran kelebihan populasi – pada 2016 dan mulai mengizinkan pasangan untuk memiliki tiga anak pada 2021. Tapi itu gagal membalikkan penurunan demografis.

Berita tentang penurunan populasi dengan cepat menjadi tren di internet China yang sangat disensor, dengan beberapa mengungkapkan ketakutan akan masa depan negara itu.

“Tanpa anak-anak, negara dan bangsa tidak memiliki masa depan,'”tulis salah satu komentar di layanan Weibo yang mirip Twitter.

“Memiliki anak juga merupakan tanggung jawab sosial,” komentar lain dari seorang influencer terkenal ‘patriotik’ membaca.

Tetapi yang lain menunjuk pada melonjaknya biaya hidup dan kesulitan membesarkan anak di China modern.

“Aku sayang ibuku, aku tidak akan menjadi seorang ibu,” kata salah satu.

“Tidak ada yang merenungkan mengapa kami tidak ingin punya (anak) dan tidak ingin menikah,” kata yang lain.

Banyak otoritas lokal telah meluncurkan langkah-langkah untuk mendorong pasangan agar memiliki anak.

Megacity selatan Shenzhen, misalnya, sekarang menawarkan bonus kelahiran dan membayar tunjangan sampai anak berusia tiga tahun.

Pasangan yang memiliki bayi pertama secara otomatis menerima 3.000 yuan ($444), jumlah yang naik menjadi 10.000 yuan untuk anak ketiga mereka.

Di timur negara itu, kota Jinan sejak 1 Januari telah membayar gaji bulanan sebesar 600 yuan untuk pasangan yang memiliki anak kedua.

Orang China ‘terbiasa dengan keluarga kecil karena kebijakan satu anak selama puluhan tahun’, kata Xiujian Peng, seorang peneliti di Universitas Victoria Australia.

“Pemerintah China harus menemukan kebijakan yang efektif untuk mendorong kelahiran, jika tidak, kesuburan akan turun lebih rendah lagi,” tambahnya.

Dan analis berpendapat masih banyak yang harus dilakukan.

“Paket kebijakan komprehensif yang mencakup persalinan, pengasuhan anak, dan pendidikan diperlukan untuk mengurangi biaya membesarkan anak,” kata peneliti Peng kepada AFP.

“Ketidakamanan pekerjaan wanita setelah melahirkan harus ditangani secara khusus.”

Demografer independen He Yafu juga menunjuk pada ‘penurunan jumlah wanita usia subur, yang turun lima juta per tahun antara 2016 dan 2021’ – akibat penuaan populasi.

“Populasi yang menurun dan menua akan menjadi perhatian nyata bagi China,” kata Peng. “Ini akan berdampak besar pada perekonomian China dari sekarang hingga tahun 2100.”

PBB memperkirakan tahun lalu populasi dunia mencapai 8 miliar pada 15 November dan India akan menggantikan China sebagai negara terpadat di dunia pada 2023.

Sensus terakhir India dijadwalkan pada tahun 2022 tetapi ditunda di tengah pandemi.

Dalam laporan yang dirilis pada Hari Populasi Dunia, PBB juga mengatakan pertumbuhan populasi global turun di bawah 1% pada 2020 untuk pertama kalinya sejak 1950.

Selasa (17/1/2023), biro merilis data yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi China turun ke level terendah kedua dalam setidaknya empat dekade tahun lalu di bawah tekanan dari kontrol anti-virus dan kemerosotan real estate.

Ekonomi nomor dua dunia itu tumbuh sebesar 3% pada tahun 2022, kurang dari setengah dari tahun sebelumnya sebesar 8,1%, data menunjukkan. Itu adalah tingkat tahunan terendah kedua setidaknya sejak tahun 1970-an, setelah turun menjadi 2,4% pada tahun 2020 pada awal pandemi virus corona.

Aktivitas perlahan bangkit kembali setelah pembatasan yang membuat jutaan orang tetap di rumah dan memicu protes dicabut. (red)