Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Wah, Pria Bujangan Seumur Hidup Lebih dari Dua Kali Mungkin Meninggal?

×

Wah, Pria Bujangan Seumur Hidup Lebih dari Dua Kali Mungkin Meninggal?

Sebarkan artikel ini

PERNIKAHAN yang bahagia benar-benar adalah kunci untuk hidup lebih lama dan lebih sehat, menurut sebuah penelitian di AS.

Bujangan seumur hidup lebih dari dua kali lebih mungkin meninggal karena gagal jantung dalam waktu lima tahun setelah diagnosis daripada pria yang menikah, para peneliti menemukan.

Ini bisa jadi karena mereka cenderung tidak meminta orang lain memantau kesehatan mereka.

Namun efek perlindungan yang sama juga tampaknya berlaku untuk pria yang menjanda, bercerai atau berpisah.

Temuan tersebut, berdasarkan analisis terhadap lebih dari 6.800 orang dewasa Amerika, menambah bukti yang menyoroti manfaat kesehatan tak terduga dari menikah, termasuk penurunan risiko demensia dan diabetes tipe 2.

Akademisi University of Colorado mengambil data dari studi yang melibatkan orang dewasa berusia 45 tahun ke atas.

Catatan dari 94 relawan yang telah didiagnosis secara medis dengan gagal jantung kemudian dibandingkan.

Ini memungkinkan para ahli untuk melihat rata-rata berapa lama pasien dari kelompok yang berbeda bertahan hidup. Peserta melacak mereka masing-masing selama sekitar lima tahun.

Bujangan seumur hidup sekitar 2,2 kali lebih mungkin meninggal dalam waktu lima tahun setelah didiagnosis daripada pria yang menikah, hasil menunjukkan.

Namun bagi wanita, tidak ada hubungan antara status perkawinan dan risiko kematian akibat gagal jantung.

Berbeda dengan serangan jantung yang terjadi ketika suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat, gagal jantung adalah kondisi kronis di mana jantung tidak dapat lagi memompa secara efektif karena otot melemah.

Gejalanya meliputi kelelahan yang melemahkan dan sesak napas, dan pasien sering dirawat di rumah sakit karena tingkat keparahannya.

Sekitar 200.000 orang Inggris didiagnosis dengan kondisi tersebut setiap tahun. Tetapi saat ini tidak ada obat universal.

Hanya setengah dari pasien gagal jantung di Inggris yang hidup lebih dari lima tahun setelah didiagnosis.

Di AS, sekitar 6,2 juta orang dewasa menderita kondisi tersebut, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Penulis penelitian mengatakan interaksi sosial dan isolasi memainkan peran penting dalam suasana hati dan kesehatan secara keseluruhan.

Mereka juga menyarankan pria untuk mengandalkan wanita untuk menjaga kesehatan mereka dan mengingatkan mereka untuk minum obat.

Ilmuwan mengatakan dokter harus selalu mempertimbangkan status perkawinan saat merawat pasien dengan gagal jantung.

Dr Katarina Leyba, dokter residen di University of Colorado dan penulis utama studi tersebut, mengatakan sebagai dokter, dia perlu memikirkan pasien yang tidak hanya dalam hal faktor risiko medis mereka, tetapi juga konteks kehidupan mereka.

Dia menambahkan ketika populasi semakin tua dan hidup lebih lama, sangat penting untuk menentukan cara terbaik mendukungnya melalui proses penuaan, dan itu mungkin tidak semudah meminum pil.

“Kita perlu mengambil pendekatan pribadi dan holistik untuk mendukung pasien, terutama dengan proses penyakit kronis seperti gagal jantung,” katanya seperti dilansir di dailymail.com, Sabtu (25/2/2023).

Penelitian ini akan dipresentasikan di Sesi Ilmiah Tahunan American College of Cardiology bersama dengan World Congress of Cardiology pada 4 Maret. (red)

Apa itu gagal jantung?

Berbeda dengan serangan jantung yang terjadi ketika suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat, gagal jantung adalah kondisi kronis di mana jantung tidak dapat lagi memompa secara efektif karena otot melemah.

Hanya setengah dari pasien gagal jantung hidup lebih dari lima tahun setelah diagnosis mereka.

Gejala utama gagal jantung adalah:

Sesak napas setelah aktivitas atau saat istirahat

Merasa lelah hampir sepanjang waktu dan menganggap olahraga itu melelahkan

Merasa pusing atau pingsan

Pergelangan kaki dan kaki bengkak

Beberapa orang juga mengalami gejala lain, seperti batuk terus-menerus, detak jantung cepat, dan pusing.

Gejala dapat berkembang dengan cepat – gagal jantung akut – atau secara bertahap selama beberapa minggu atau bulan – gagal jantung kronis.

NHS merekomendasikan untuk menemui dokter umum jika Anda mengalami gejala gagal jantung yang terus-menerus atau secara bertahap memburuk.

Tetapi jika Anda memiliki gejala yang tiba-tiba atau sangat parah, Anda harus menghubungi 999 untuk ambulans atau pergi ke departemen A&E terdekat sesegera mungkin.

Perawatan untuk gagal jantung biasanya bertujuan untuk mengontrol gejala selama mungkin dan memperlambat perkembangan kondisi tersebut. Biasanya akan dibutuhkan seumur hidup.

Bagaimana Anda diperlakukan akan tergantung pada apa yang menyebabkan gagal jantung Anda.

Perawatan umum meliputi:

Perubahan gaya hidup – termasuk makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur dan berhenti merokok

Kedokteran – berbagai obat dapat membantu; banyak orang perlu mengambil 2 atau 3 jenis yang berbeda

Perangkat yang ditanamkan di dada Anda – ini dapat membantu mengontrol ritme jantung Anda

Pembedahan – seperti operasi bypass atau transplantasi jantung

Sumber: NHS