Scroll untuk baca berita terbaru
banner 325x300

Fitur Unduh Reels Instagram Telah Tersedia, Pengguna di AS Pertama

×

Fitur Unduh Reels Instagram Telah Tersedia, Pengguna di AS Pertama

Sebarkan artikel ini

INSTAGRAM sangat ingin mendapatkan kembali keunggulannya dari platform sosial saingannya TikTok.

Bahkan Instagram menawarkan ribuan dolar kepada pembuat TikTok populer dalam beberapa tahun terakhir, berharap dapat memikat mereka ke fitur video pendeknya sendiri, Reels.

Sekarang, Instagram terlambat menambahkan fitur yang sudah lama diinginkan ke Reels untuk membuatnya lebih kompetitif: Kemampuan mengunduh video pendek dari Reels untuk dikirim ulang di media sosial lainnya.

Kemampuan pengguna TikTok untuk mengunduh versi bertanda air dari video favorit mereka dan mempostingnya di mana saja secara online telah sangat membantu melambungkan platform milik China dari situs sosial khusus ke fenomena global.

Instagram berharap dapat menarik pengguna baru ke Reels dengan strategi yang sama ini, sambil tetap menghilangkan kekhawatiran anggotanya yang paling sadar privasi.

CEO Instagram Adam Mosseri memposting pengumuman tentang fitur unduhan baru untuk Reels ke Instagram miliknya, menggunakan fitur ‘saluran siaran’ platform yang baru pada hari Selasa, seperti dilaporkan dailymail.com, Jumat (23/6/2023).

Mosseri mencatat bahwa fitur tersebut melindungi akun pribadi dengan mencegah pengikut mereka mengunduh dan menyebarkan Reels mereka, serta juga mengizinkan akun Instagram publik untuk menonaktifkan fitur baru, jika mereka menginginkannya.

Untuk saat ini, tulis Mosseri, fitur tersebut hanya akan tersedia di AS, tetapi jika pembaruan sebelumnya merupakan indikasi, pengguna dapat mengunduh Reels di seluruh dunia dalam waktu dekat.

Pengguna Instagram akan dapat mengakses fitur tersebut, kata CEO, dengan mengetuk ikon ‘Bagikan’ untuk Reel yang diinginkan dan mengklik ‘Unduh.’

Agustus lalu, YouTube mengambil langkah serupa untuk mengejar TikTok – ketika mereka mulai menambahkan tanda air ke unduhan fitur YouTube ‘Shorts’ yang serupa .

Meskipun Mosseri tidak secara eksplisit menyebutkan bahwa platform akan memberi tanda air pada Reel yang diunduh, contoh yang diposting, seperti yang pertama kali ditangkap oleh  TechCrunch, menunjukkan video yang diberi logo Instagram dan nama akun pengguna.

Kembali pada Februari 2021, Instagram memberi tahu pembuat konten bahwa mereka akan mulai secara khusus menargetkan dan menurunkan peringkat klip bertanda air dari platform lain, seperti TikTok .

Jadi, langkah baru mereka menunjukkan bahwa Instagram mungkin mengambil risiko pembalasan peringkat bawah dengan fitur Reels baru mereka sendiri. (red)